Monday, May 25, 2009

dicekokin larutan jenuh saat otak sedang jenuh, a confession of a high school student

Ok, small prologue.
pertama, ini cerita bakal dalam bahasa indonesia. kedua mungkin gw harus ngetik lebih cepet karena sambel ulek dibawah sudah menunggu dan menggooda-goda gw buat makan, tapi gw bela2in ngepost dulu for the sake of this blog. ketiga, Maaaan ini panas bangeeet, gerah sumpah.

Tuh kan, gw jadi bingung mo nulis apa -_- saking banyaknya uneg2 di otak gw. Oke, mungkin gw bakal mulai dengan ngasitau bahwa gw lagi dengerin lagu " I love you for sentimental reasons" sekarang.

Maaan sumpah yaaa ini hariii. Gila, mungkin yaa sekarang gw lagi ngalamin kebosanan kejenuhan yang luaar biasa terhadap pelajaran sekolah. Unfortunately, sindrom ini dateng disaat yang gak tepat, minggu depan gw udah mulai ujian blok 3, parahnya lagi format ujiannya bakal pilihan ganda semua. Di sisi lain, really, I don't have any keinginan buat nguasain semua materi2 matik, kimia, dan biologi yang susah2. Dalam pikiran gw, gak ada aja tuh keinginan ataupu target kaya " oh, gw harus nguasain materi syaraf, materi ksp, fungsi naik turun dalem seminggu." ..... that kind of motivation,,, just not happened to me recently...

Matematika : this is my biggest failure on education untuk semester 2 ini. Dari blok 1, sampe sekarang, beneran, I'm giving up on this. Matematik gw semester ini kayanya udah tergolong dalam matematika lanjutan, yang notabene syusyaaah kalo kurang bimbingan. Terus gimana gurunya ? Seriously, don't ask. Pak Bambang sodaranya Vanya ituu, bisa dibilang careless, eh gak careless juga sih. Cumaaan, gimana yah, beliau itu gak menciptakan suasana yg enak, yg bikin kita semangat buat belajar. Belom lagi buku cetak PKSnya, beuuuhh. Gw benci tuh kalo udah tengah2 materi soal2nya mulai susah, belom lagi tiap nomer 7,8,9,10 keatas yang soalnya ajaib2. Mana gak ada contoh caranya lagiii.
Ini nih yang menimbulkan kemalasan dalam diri gw, udah mulai naik tingkat kesusahannya gw makin males dan careless. Nanya nisa si ratu matematika kelas, males. Nanya bambang, males, karena gw udah pernah sebelomnya dan itu agak berbelit2 dan pengertian gw akan materi yg gw tanya itu gak nambah2 amat.
Gini nih penyakitnya seorang Naila, yg juga baru gw simpulkan beberapa detik yang lalu.Gw orangnya niaaat bgt di awal2, awal2 kelas baru, awal2 semester, awal2 materi baru. Selanjutnya,,, tergantung mood dan nasib. Kalo mood gw bagus, soal2 susah pun masih gw babat dan gw perjuangkan dengan semangat. Sayangnya, selama semester 2 gw gak pernah kaya gini nih, matematik mulai susah, Ya gw masa bodo.


Kimia : nah ini nih topik utama hari ini. Jadi yaaaa, sejak jam pelajaran pertama gw gak bisaaa banget mencerna materi KSP larutan yang dikasih Bu Nas, belom lagi gw mau gak mau harus mencerna omongan Bu Nas yang bahasanya tinggi bikin puyeng. Really, hari ini otak gw emang kayanya gak dipersiapkan buat belajar dan dimasukin semua pelajaran2 eksakta.
Oke, jam pelajaran terakhir kimia lg, mana sikonnya agak kurang enak lagi. Dan gw memilih buat tidur karena gw emang bener2 ngantuk dan gw.gak.niat.sama sekali.sama.materi.baru ini. Okeee belom niat deh. Tapi gara2 segan ama Bu Nas, gw usahain bangun2 dan liat pelajaran. and My eyes was damn heavy, gw jamin tadi gw sempet merem2 gitu pas merhatiin. Dan memang gw g dapet banyak hal dari merhatiin tadi, bahasa2 tingginya Bu Nas sayangnya cuma mampir doang di otak gw.
PAS BANGET DEEH, GW BELAJAR TENTANG LARUTAN JENUH DISAAT OTAK GW SEDANG JENUH-JENUH-JENUHNYA BELAJAR KIMIA DAN MATEMATIKA DAN SEDIKIT BIOLOGI. Dikit2 nanya nadhila, dan nadila bilang kalo gw ngerti tu bakalan gampang banget. Terus gw kasitau suatu teori ke nadila " gak enaknya jadi anak ipa ya nad, sekalinya lo lagi mumet, gak ada toleransi lo bakal bisa ngerti. kalo anak ips kan ya, semumet2nya elo, lo masih bisa ngomong pake kata2." dan pada dasarnya lo bisa sekedar ngasih statement berdasarkan kehidupan lo sehari2, yang lo liat, yang lo tangkep, yang lo rasain. Intinya mungkin tadi itu saat pertama gw mikir mendingan jadi anak ips, blah blah blah.
Dan gw mikir ttg kehidupan gw sekarang di 70, gimana dulu Alhamdulillah gw berhasil masuk 70 dan gw harus bisa SURVIVE. Begitu pula pas gw berhasil masuk ipa dan harus betul2 bisa SURVIVE. Kaya gini deh, gw mulai bercontemplating-ria kalo ada hal2 kurang enak. Intinya, bukannya gw gak bersyukur masuk ipa, cuma gw hanya manusia normal yang selalu berusaha-berusaha-berusaha, tetapi tetap mempunyai sifat2 manusiawi seperti males, capek,bosan jenuh, dan putus asa. Juga keinginan untuk ngedumel-ngedumel disaat mempelajari pelajaran yang susah -_-


Biologi : Selooow aja, gurunya aja selooow. Saraf, alat indera, hormon,,, just wait for me ! Here I go again for the next couple of days ;) biologi nih, pelajaran ipa yang paling ips. Biasanya kalo mood gw lg bener gak kaya sekarang, gw paling kesel ama biologi, capek baca, capek menghadapi huruf dan lebih tergoda untuk ngerjain rumus fisika ataupun persamaan reaksi kimia yang berasa lebih hot dan menggoda (aduuh bahasa gw ketularan anak2 belakang nih).
Tapi disaat2 hopelessnya gw akan pelajaran2 ipa sekarang, kayanya biologi is way more entertaining dan akan memberikan secercah harapan untuk indonesia baru yg lebih blablablabla ( ngelantur dan nyontek bahasa kampanye partai politik).


Fisika : NAAAAAH ini nih gw mendingan. Damn I love fisika. Kalo kimia gw ngantuk, matematik gw angkat tangan, biologi gw selowselonmalay,,,,,, fisikaa beuuuh langsung gw nyiapin buku cetak, catatan, binder, modul dari bta, penggarins, pulpen warna warni, pensil, dan kalkulator. Niaaaat banget gw denger penjelasan Bu Tri. Alhamdulillah banget selama kelas 2 ini gw semangat fisika. Kayanya materinya seru2 aja gitu di gw.
Enjoy banget, I'm damn enjoying the process I gain the knowledges, I do the difficult soal, dll. Dan yg bikin gw puas adalah, gw ngerasa enjoy ngejar ilmu, gak hanya ngejar nilai. Makanya walaupun nilai fiska gw masih kebanyakan 7 dan sesekali remed, kecewa gw gak gila2an segila gw addict ama fisika. Kenapa ? karena at least gw dapet ilmunya, gw ngerti caranya, gw paham konsepnya.
And it's kind of something yang membuat gw puas secara batin, bukan dari materi.
Oiyaaa, jangan lupain bta, beneran deh belajar fisika di bta itu ngebantuuuuu banget. Berdoa aja deh kelas 3 semangat gw di fisika ga turun. Kan gw gitu, kadang suka engga suka ama pelajaran berdasarkan gurunya, tepatnya
gimana cara gurunya ngajar. Amiiin amiiin amiiin Ya Allah

Mungkin ya, hari ini memang otak gw gak dipersiapkan untuk belajar, masih kebawa weekend kemaren that I spent on my grandma's house in Depok. Aduh seru bgt weekend kemaren, main sama Inesya my beloved beautiful cousin, nonton dia lomba vocal group jadi komandan dan akhirnya menang, nonton gladi resik acara graduation kk kelasnya Aldy (sayangnya gw gak ketemu Patton si Idola Cilik kakak kelasnya Aldy), diajak jalan2, dll. Dan memang weekend kemaren gw agak2 mumet pusing diare habis diajak jalan2 terus, maybe masih kepengaruh itu juga kali ya. My body still doesn't fit, gak dalam kondisi fit buat gw belajar ipa2an itu. Maaan, I'm still needing some refreshment.

Emang, gw tau banget, buat jadi orang sukses gak sekedar kualitas, kuantitas, dan hal2 edukasi aja yg harus gw pentingin. GW TAAAAU BANGET ITU. Cuma mungkin untuk sekarang gw gak akan bermuluk-muluk ria seperti biasa tentang hal2 yg harus gw mulai sedari sekarang buat mencapai cita2 gw syalalalaaaa. Yaudah, sekarang gw jalanin aja kehidupan persekolahan gw. bukan karena gak ada objek lain seperti pergaulan, koneksi, belajar bisnis kecil2an syalalaaaa. Karena emang kehidupan persekolahan gw kaya lagi dlm tingkat emergency dan perhatian berlebih gituuu. Aduuh, emang nih sekarang2 jalan pikiran gw lg gak seoptimis biasanya, gak se out-of-the-box biasanya, gak semuluk2 biasanya, gw tau itu gak dianjurkan because Everything Big are came from DREAMS. Cuma gimana doong, yang bener2 gw perlu sekarang dlm "mncapai cita2 gw" itu
yaitu mengalokasikan waktu gw memperdalam matematik dan kimia dan biologi dan fisika, bukannya online dan dreaming all day long !!!

Oke, maybe I'll add some medicine for today's boredom dan kejenuhan gw akan ipa2an :
Ahhh so glad that last April I heard that they are finally expecting a baby, my favorite hollywood couple ;)

No comments: