Friday, April 16, 2010

kunci GO saja sudah buat gw heboh kaya gini. Gimana aslinya ?

This is Friday, April 16th 2010, 8.45 am

- gak sampe 5 menit yang lalu, gw masih nangis kejer. Ngetweet dalam hati "ayo nai, habisin sekarang nangisnya. biar 15 Mei nanti bisa senyum lagi dan bisa move on ;)"

-kira-kira 10 menit yang lalu, setelah ngetweet-ngetweet bentar, gw turun ke lantai bawah untuk duduk deket mama yang lagi nunggu dijemput supir kantor. Ada perasaan yang gw tahan banget. By the time supir kantor mama dateng, mama siap-siap. Saat itulah gw mulai nangis kejer. I hug my mom and said : " one thing I don't like about university thingy is, our dissapointment is everybody dissapointment, and blablablaa." Mama bilang gakpapa, makanya besok-besok harus blablablaaaaaaa, jangan nangis, ayo belajar buat tes unpad."

-sejam yang lalu, gw mulai buka komputer, ngetweet semua hal yang gw rasakan dari kemaren malem sampai pagi ini, selain balesin tweet2 orang. Di facebook, gw nulis status kaya gini :
Where the hell did my logic, clear brain, clear thinking, sense, and sensibility go when I needed them MOST ??? Why should have I trusted big chances more than safe choices ??? I've decide to believe in big chances --> means that I DID gamble. and Gamble is haram. Heh, no wonder -_- Only miracles from Allah SWT that can help me
-satu setengah jam yang lalu, my Andung talked with my mom on the telephone. Yes, my grandma who lives in Depok, whom I promised to take care of when my Inyik passed away so I want to get accepted in UI. At first, the conversation was about another thing. Kemudian lama-lama jadi ngomongin my-current-kaskus version-failure in SIMAK UI.


- kira-kira tiga setengah jam yang lalu, I was preached a lot by my parents. Mama nanya ini itu
dan jadinya malah kesel sendiri ngeliat kesalahan sily gw di salah satu soal bahasa inggris. Papa ? seperti biasa. Preached me a lot of things, seakan-akan gw tidak pernah melakukan semua hal disebut papa dalam ceramahnya itu. Tapi untuk kali ini gw lebih memilih untuk iya-iya aja. Gak guna juga untuk klarifikasi ke papa apakah gw sudah melakukan apa yang papa ceramahi itu atau belom. Menurut gw, ceramahan papa itu juga masih banyak asumsinya. Asumsi papa, anak 8 dan 28 itu udah biasa dengan berbagai macam soal. Dan asumsinya terhadap gw, gw belom memperkaya soal-soal dari anak 8 dan 28 itu. Same things happened yesterday when I told my dad that udah ada 80 anak 8 yang keterima itb sedangkan anak 70 setau gw baru 6. Hhhhh -_____- well, walaupun memang gw gak sebegitu sering liat soal anak 8 dan 28, tapi menurut gw juga kesotoyan papa itu gak bisa 100% dibenarkan.

This is the torturing point, kata papa lagi, dari awal mindset gw udah salah. Menurut papa : 1) gw sangat ui minded, 2) gw sangat ips minded. untuk poin pertama, gw sering terheran-heran. Masih banyak temen gw yang memilih untuk gak tes unpad maupun ugm, banyak temen gw yang gak gak ikut tes undip, banyak temen gw yang gak rajin nyari-nyari penerimaan unibraw, undip, dll. Dan kayanya orang tua mereka fine-fine aja dengan hal itu, gak langsung mencap anak mereka sombong (mungkin yaaa). Sedangkan papa ? when I missed undip test aja papa ampe segitunya, ngulang-ngulang lagi kalo mindset gw selama ini salah dan blablabla. Untuk poin kedua, emang bener gw milih ips banget. Liat aja postingan blog gw di halaman sebelumnya, tentang gimana nangis bangetnya gw disuruh masuk teknik sama papa. Kalo dulu, papa sering ngasih alasan kalo masuk teknik itu gampang dapet kerja, dll sedangkan jurusan ips itu yaaa gitudeh menurut papa. Dan secara historis, papa itu kuliahnya pun ekonomi karena gak bisa masuk teknik, makanya dalam pikiran gw papa pingin gw masuk teknik untuk nerusin cita-citanya yang gak kesampan. Not that I'm so not into natural sciences thingy, but that is not where my passions belong to. Bedanya, sekarang-sekarang papa sering pake alasan kalo gak ada salahnya tes ipa karena gw awalnya emang anak ipa, jadi itu semacam kunci masuk awal. Selain itu juga karena persaingannya gak bakal begitu berat secara gak ada (itu kata papa, padahal boleh) anak ips yang ambil ipa, beda sama persaingan di tes ips yang sesak banget sama campuran anak ipa dan ips. Jadi kata papa pun gw gak usah belajar, karena udah punya modal belajar selama 3 tahun di sekolah. Oke, alasan ini bisa gw terima, bisa banget. Cuma kenapa baru sekaraaang ??? suudzonnya, apa karena papa udah kehabisan alasan untuk membujuk gw jadi insinyurkah ? Tapi balik lagi, kalo misalnya gw milih ipa pun, gw takut malah mubazir dan hancur. Contohnya gini : snmptn ada 3 pilihan. Kalo gw ips murni, gw bisa mempergunakan 3 pilihan itu sebaik-baiknya, milih strategi jurusan yang matang, dll. Belajarnya pun pastinya akan lebih fokus. Kalo misalnya gw milih ipc, misal 2 pilihan ips satu ipa. Ipa pun hampir pasti gw milih iseng-iseng doang (bukan maksud sombong,seriusan) karena kemampuan gw terbatas di bidang itu dan gw lebih memilih untuk berjuang di bidang yang lebih gw minati. Malah gak maksimal kan ? belom tes ips, tenaga gw udah habis di tes ipa. Milih ipa juga jadi mubazir, karena gw gak ke-forced untuk ngerjainnya.

- tadi malam jam sampe jam 24.00 gw ngaskus. Gw buka thread simak ui dan baca-baca. Inilah sumber yang bikin gw down. Gw ngetik "simak ui pembahasan" di searchbox twitter dan gw dapet link INI. Link yang bikin down ampe sekarang. Inilah link yang ngasih kunci jawaban versi GO dan NF. Entah kenapa kemaren gw berani banget nyocokin jawaban gw. Hasilnya, english gw salah 5, bindo salah segituan juga dan matdas yang gw bisa bener 5 salah satu sisanya yang nembak wallahualam deh. IPS ? nangis darah banget gw. Kesotoyan gw bener-bener bikin merugi. Geografi, sejarah, terpadu gw salah banyaak banget dan akhirnAya skor mentah ips gw pun cuma 75an lebih. Ngitung nilai mentah ini, dasar dan ips, bener-bener confusing banget, beberapa kali gw salah hitung. Dan ampe pagi ini pun gw masih hitung ulang terus menerus ampe akhirnya soal simaknya gw lipet-lipeet gw umpetin ampe eneg di laci gw. Seperhitunga gw total nilai mentah gw itu 170an lah kurang lebih dan 37,5%. One of my TO score at bta was even better than this. Takuut banget kalo misalnya nilai nasional gw gak mencukupi untuk at least dapet pilihan-pilihan bawah gw pas simak kemaren. Duh, gak enk banget rasanya, lo bayangin dong. Lo udah sotoy-sesotoy2nya, taunya salah. Waktu simak kemaren, gw berprinsip untuk ngejar peluang, dlm hal ini ngisi banyak soal, daripada cari aman. Hasilnya sekarang ??? GAK AMAN SAMA SEKALIII kayaknya -___- pas ips juga deh, banyak jawaban-jawaban yang sebenernya memerlukan pola pikir simpel, gw salah karena jawab dengan pola pikir rebek, begitu sebaliknya. Ada soal-soal yg ngeselin karena gw hapir jawab yg bener, dll. Sempet terpikir oleh gw untuk nyalahin kak dokter fkui 2007 itu, hahahaaa ;p karena emang waktu tes kemampuan ips kemaren gw banyak liat jam dinding di depan kelas sekaligus nyuri2 liat dia, eheheeee. Makanyaaa gw ulangin lagi status fb ini :
Where the hell did my logic, clear brain, clear thinking, sense, and sensibility go when I needed them MOST ??? Why should have I trusted big chances more than safe choices ???
hmmm, sepertinya kak dokter ini yang menghilangkan sense and sensibility gw waktu itu -___- heheheee -____-

*****

Now, If this kaskus answer key is really similar with ui's answer key, All I can do is pray to Allah SWT, hoping that Allah will give the miracle to meee. Kalopun memang simak ui ini belom rezeki gw, so I HAVE TO GET PREPARED FOR THE FIRST REJECTION OF THINGS I REALLY WANT, IN MY LIFE. Audzubillahmindzaliik yaa, makanya ini gw juga masih berharap sekali sama pilihan paralel gw, semogaa bgt yang milih paralel itu dikit dan skor aman masuknya itu jauh di bawah skor gw.

This thing is really full of new lessons. Kalo inget sd, mau masuk smp, mau masuk sma, life seemed so easy back then, tentunya dengan izin dan kukasaan Allah juga. Gw diberi kemudahan untuk masuk smp labsky dan sma 70, mengalahkan ratusan bahkan seribuan pesaing. Pada saat itu juga, my brohter Kemal was still not that bright like now, so I was still daddy's favorite child. Tapi makin kesini, makin gw dewasa, makin gw dihadapkan ke persaingan yang besar. Belom lagi gw harus handle mental dan hati gw secara sekarang I'm kinda having something like post-power syndrome in the family. Post power syndrome disini maksudnya adalah ketika I'm not daddy's favorite child anymore. Papa sekarang apa-apa lebih ke Kemal karena dia lebih pinter sekarang. Dan gw harus jaga hati gw, melihat fakta bahwa pesaing-pesaing Kemal itu lebih mudah, sedangkan pesaing-pesaing di sekolah gw lebih berat. Jaga hati gak boleh dengki.

Jadi sekarang gw harus banyak introspeksi, benahi pola pikir, benahi pola belajar, benahi ibadah, dll. Mungkin selama ini banyak hal keliru yang gw lakukan, contohnya masih gosipin orang pas udah deket-deket simak, dll. Selain itu, harus siapin mental juga untuk hasil apapun yang terjadi. Harus yakin bahwa Allah akan ngasih kita yang terbaik. Oh ya soal yang satu ini, mengutip dari tweet gw kemaren, pernah gak sih lo mikir kaya gini :

kontemplasi maghrib : we often pray to God, hoping that God will give us the best. But be truth, we want our own wish & hopes more, rite ?

betul kan ? kita sering berdoa agar Allah memberikan kita yang terbaik. Padahal jujur deh, dalam hati kecil pasti kita lebih menginginkan permintaan kita dikabulkan. So do I ;) Kadang-kadang juga ada ketakutan bahwa yang terbaik yang diberikan Allah itu bukan yang kita inginkan dan bukan yang kita sukai. Tapi kayanya gak ada salahnya deh buat positive thinking. Bisa aja misalnya kita diterima di jurusan pilihan kedua atau ketiga, kita bakal sukses di masa depan ;) who knows kan ?? mengutip dari status facebooknya Nadila :

"Sesungguhnya Allah bersama persangkaan hamba-Nya"

;) amiiiin. Tapi sejujurnya sampe sekarang gw masih berdoa lho, semoga Allah menakdirkan gw untuk diterima di UI dan menjadikan itu yang terbaik ;) tapi gw juga berdoa, kalo itu belom rezeki gw, gw minta Allah untuk menakdirkan gw diterima di unpad dan menguatkan mental gw ;)

***Ini deh, buat tambahan, beberapa tweet gw dari kemaren berkaitan dengan nilai skor mentah ini :

- HALO2 ORANG2 INI KUNCI SIMAK VERSI GO YA http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3838574,ada DEG2AN DEH LU. gw sih udah de2an okay, I'm deeply sorry for being sooo nyolot di tweet barusan -___- udah nyocokin jwban versi GO. I hv to get myself prepared for the first rejection of things I wanted most, in my life. Audzubillahmindzalik duh, doooooooooowwwn banget gw nyocokin kunci di kaskus. Semoga orang2 seumuran gw sama2 nekat jg dan gak pada pilih paralel

-
soooooo damn down ;''''''''''''''( habis diceramahin bonyok tt skor mentah gw versi kaskus ;'( Salah banget gw lebih percaya PELUANG daripada keyakinan. Puluang = gambling = judi = haram. tuh kan, pantess one thing I don't like about this university thingy : the dissapointment not just belongs to us,it belongs to everybody who support us -_-
so that our own dissapointment may become bigger bigger, plus the guilty pressure also
-____________________________________-
Where the hell did my logic, clear brain, clear thinking, sense, and sensibility go when I needed them MOST ??? Why should have I trusted big chances more than safe choices ??? I've decide to believe in big chances --> means that I DID gamble. and Gamble is haram. Heh, no wonder -_- Only miracles from Allah SWT that can help me


Soooo, people, readers, blogwalkers, long post eh ??? Quit sure this post will break tha records as the longest post I've ever written, ehehee. I'm sorry for adding emotions, childish-ness, shallow-ness, arrogancy, etc here. Well, this is what my brain, my heart, and my mind wants to talk about. No offense yaa, everybody has their own personal objectivity. I appreciate all of your disapproval of all of my thoughts ;)

No comments: