Monday, January 24, 2011

RESOLUSI

Berhubung saya selama tahun 2011 ini belum membuat resolusi apapun, sekarang saya sudah tahu resolusi tepat apa yang harus saya canangkan :

Saya, berjanji, akan menggunakan gadget-gadget saya secara BI.JAK.SA.NA.

Saya, berjanji, akan sering me-reboot Blackberry saya, memindahkan file (foto, lagu,dsb) apabila kapasitas memori sudah terlalu penuh, membuat backup file di CD-CD kosong, dan sebagainya. Hal ini akan saya lakukan untuk menghindari error-error yang tidak diinginkan di kemudian saat

Saya berjanji, akan sering memperhatikan kelangsungan menyalanya laptop lama Lenovo T60 milik saya sekeluarga. Perhatian yang akan saya lakukan meliputi : mematikan laptop ini apabila sudah panas, membuat back-up data di CD-CD kosong, tidak terlalu memenuhi kapasitas harddisk dengan software-software berukuran besar, dan sebagainya. Hal ini akan saya lakukan guna menghindari hal-hal yang merugikan di kemudian saat berhubung laptop ini inventori milik keluarga.

Saya berjanji, akan merawat notebook HP dm3 saya yang saat ini pun sedang diservis karena mengalami suatu kerusakan. Apabila nanti notebook tersebut sudah baik kembali, saya berjanji akan memperhatikan sirkulasi udaranya agar tidak cepat panas, membuat backup file di CD kosong, sering mendefrag program-program, dan sebagainya. Hal ini saya lakukan untuk mengamankan file-file berharga milik keluarga *menurut ayah saya*(baca : foto-foto) dan untuk menghindari hal-hal merugikan yang tidak menginginkan di kemudian hari, mengingat bahwa notebook ini bisa dikatakan sebagai milik saya dan saya gunakan sehari-hari untuk kepentingan akademis, kesenangan, hiburan, dan sebagainya.

Saya berjanji, akan merawat 2 kamera pocket digital milik saya dan keluarga. Supaya tidak ada lagi kerusakan seperti yang dialami dengan kamera pocket canon ixus & megapixel saya. Supaya kalo perlu-perlu kamera-kamera ini bisa dipake. Juga foto-foto di kamera ini harus sering saya pindahin ke komputer. Supaya kalo diperluin lagi memorinya cukupp. Oiya, lensa-lensa kamera ama layar lcdnya harus saya jaga biar enggak rusak.

***

Untuk hal membackup file-file ke CD kosong, sebetulnya papa saya sudah ngingetin beruuuuulang kali bahkan sebelum saya sibuk dengan tugas-tugas kuliah sebelum UAS semester pertama kemarin. Namun, seperti biasa, saya tunda-tundaaa melulu. Sampai akhirnya notebook HP dm3 saya beberapa minggu kemarin mengalami rusak pada bagian harddisknya dan sekarang sedang diservis. Lalu, file-file di notebook tersebut ? let's see... If only,,, I wasn't this procrastinator dan malesan dan keras kepala...

***

Jadi ceritanya, keinginan gw untuk bikin resolusi ini berawal dari kehectikan kemarin pagi. Dari minggu malam, bb gw udah hang setelah sebelumnya lemot entah karena kepenuhan file foto-foto abis dari ACeh atau karena gw baru loading masuk grup bbm baru. Hangnya ini gini : bbnya itu restart reboot terus, tapi enggak full, dan berulang-ulang. Gw coba semaleman cabut batere pun gak ada hasil, sama aja. Ampe kemaren pagi gw mutusin buat benerin bb ini sendiri dulu. Pas gw mau nyalain laptop tua lenovo T60 ini buat googling, eh fan error terus gak bisa masuk ke windows. Sial ! stres gak sih ? beneran ini contoh gw mau gak mau kebawa arus globalisasi dalam bentuk ketergantungan akan teknologi nih ;p Semaleman gak cek BB dan laptop buat buka internet pun gak bisa dibuka.

Yaudah, pas laptopnya udah bisa nyala dan masuk ke desktop, gw mulai googling. Dari www.berryindo.com gw baru tau kalo bb gw itu mengalami suatu kondisi yang namanya "Nuked". Nah di situs ini untungnya juga ada cara untuk ngebenerinnya. Kalo mau detail silakan liat di sini.

Kemudian gw coba untuk solve problem bb gw ini dengan ngikutin tata cara di situs berryindo ini. Laptop udah ada. Trus gw harus punya BB desktop manager ama OS firmware yang baru. Disini nih masalah muncul. Pas gw mau download desktop manager di situs resmi BB, memori laptop ga cukup. Alhasil gw harus pusing-pusing ngehapus file-file di driver C laptop ini dan itu takes time bangett. Belum lagi proses ragu-ragu gw pas mau ngehapus beberapa software yang sizenya gedee. Kalo secara ekonomi, opportunity cost buat ngebenerin bb pribadi gw itu besar banget buat laptop keluarga ini -_- hapus file ini itu. Then, kesialan gak berhenti di situ, taunya : gw salah download. Yang gw download adalah DEVICE MANAGER bukan DESKTOP MANAGER. AAAAAAAH STRESSS banget gw kemaren. percuma ituu hapus-hapus software *nangissss*. Oke, terus gw download lah desktop manager, syukur alhamdulillah prosesnya cukup lancar.

Sekarang udah siap dong salah satu dari step-stepnya. Kemudian gw harus download OS BB terbaru which is OS 6. Tapi gw mikir, download ini pasti perlu memory besar, jadi gw mutusin buat pindahin file-file dokumen foto dll ke CD. Di sini kestressan berikutnya terjadi. Can you believe me, even to move file from my BB memory card to a CD needs some memory space on the computer ! Bergila-gila lagi lah gw hapus file ini itu dari drive C. Yang paling gila adalah, untuk menghapus beberapa file dan software ini, can you believe it : perlu memori lagi. Dan pada saat itu keadaan memori drive C gw udah 0 kB banget. Gak taulah itu error dalam penghapusan file atau gimana. Oke, habis itu gw hopeless. Tidur sore. Mama bilang mending besok dibawa ke tempat servis hp. Lebih lega lah gw

***

Theeeen, sekarang BB gw sudah benaar, yeaaay ! Tadi siang servis di itc kuningan ditemenin sama Taci (baiknyaa tanteku *hug*). Ternyata sama orang servis hpnya cuma diupgrade ke OS 6. Lumayan laah walaupun harus merogoh kocek 150 ribu dan 125 ribu buat charger kw1 (karena charger gw dipinjem sama papi di Banda Aceh). Btw, tadi toko servis hpnya itu namanya "Doctor Blackberry" punyanya dokter temen Bunda Titis (my another auntie). Jadi pak Dokter ini selain berprofesi sebagai dokter juga ahli dalam masalah perBBan, jadi nama tokonya kaya gitu deh, hehehe.

Catch ya laterrrr with my story tentang liburan ke Aceh yaaa !

No comments: