Monday, August 22, 2011

Marketing ? and some Ramadhan story

I just don't know what to write. Okay, actually, I know. It takes a lot of power to put aside laziness to write here, as now I'm more into my tumblr account. So, here is what I want to write. This is exceptional for me as a planner, I will just let it flow.

I feel like : this is the right moment for me to apply ilmu-ilmu marketing yang gw pelajari di semester kemarin. Gw akui bahwa gw tidak terlalu into mata kuliah dan bidang yang satu ini. Duduk selalu mencari barisan yang agak paling belakang. ALih-alih mendengarkan presentasi teman, gw lebih sering bergosip dan mengantuk bersama sobat yang satu ini : si Pungky. Tapi setidaknya gw mendapatkan intisari dari ilmu marketing ini lah. Dan insyaAllah akan gw terapkan di kehidupan nyata.

Gw lagi gemar-gemarnya mengkorelasikan hal-hal sekeliling gw dengan it-issue ini. When it comes to correlating this issue to this marketing thingy, kesimpulan yang gw tarik adalah seni mencapai tujuan dengan efektif dan efisien, lagi-lagi, dengan right moment right time and right place =)
ada beberapa hal yang bisa kita cermati.

1. Segmenting Targeting Positioning
Anggap saja segmenting sudah berjalan sebagaimana mestinya. Dan marilah mengesampingkan targeting terlebih dahulu. Positioning ? positioning adalah bagaimana brand kita dilihat oleh target market. Ada beberapa usaha yang bisa dilakukan sebuah brand untuk mencapai positioning yang mereka inginkan. Pada dasarnya positioning itu berasal dari sisi target market. In my case, tidakkah brand bisa berusaha untuk menciptakan positioning sesuai Ia ingin dilihat oleh target marketnya ? tentu bisa

2. Kombinasi 4P (product, place, price, promotion)
Hmm intinya setelah segmenting target market, brand kita harus menyesuaikan kombinasi 4 P ini. Please do correct me if I'm wrong, I'm thinking all about this is not based on academic reason, it because of this it-issue. Entah kenapa gw sedang mau menekankan disini bahwa : no matter how hard you try kalo tidak sesuai antara kombinasi-kombinasi ini dengan segmenting, targeting, dan positioningnya, mungkin hasilnya tidak terlalu berjalan sesuai yang diharapkan. Audzubillah min dzaliik Ya Allah. Serius untuk yang barusan ini gw hanya mengandalkan intuisi dan logika yang dipengaruhi oleh hati. Dalam menulis post yang kali ini tidak ada satu pun artikel ataupun buku yang gw libatkan. Salahkan yang memberi inspirasi ya =)

***

Cerita Ramadhan

Oke, ganti topik. Belum afdol rasanya kalau belum cerita tentang yang satu ini. Hmm gimana ya ceritanya ? Gw banyak berdoa =) and there are many things in the beginning of this holy month that I considered as berkah ramadhan, insyaAllah Alhamdulillah. Sekarang sudah ramadhan hari ke 22, hmm berjalan cepat ya waktu ? Sekarang gw sudah kembali tinggal di Bintaro, 2/3 ramadhan ini sudah gw habiskan di Depok. Banyak cerita di tumblr gw tenttang gimana 'depok'nya bulan puasa ini. Very nice. Anyway, I involved in OPK FEUI 2011 as a mentor bareng my bro from Schultz family, daus. So far, hmm, entah mengapa ini adalah kepanitiaan terbaik yang pernah gw ikuti. Entah karena orang-orangnya rame, entah karena sistem kerjanya yang gw pribadi menilai rapih sekali, entah karena gw senang mendapat jarkom untuk ke kampus feui tercinta di masa liburan seperti ini, entah karena hal-hal seperti ini membangkitkan memori euforia gw akan ui seperti tahun lalu, entah. Bismillah =) Oiya, gw lagi suka sekali sama frase ini, eksis sekali di bulan puasa tahun ini : InsyaAllah, ada jalan =) sering dinyanyiin, sering disebut-sebut, sering kadang dipake untuk bercandaan, tapi maknanya dalem =)

***

Hmm apalagi ya ? I think that's all for today, besok-besok bercerita lagi deh, mungkin di tumblr atau di blogger ini. Oh, one thing yang belum dituliskan : Marginal Value Added. Hal ini gw temukan kira-kira 2 minggu yang lalu. Cerita lengkapnya ada di tumblr ini. Gaya banget lah gw tiba-tiba tercetus pemikiran ini untuk menyanggah *belom nemu vocab lebih baik* teori Kaidah 1000 jam di buku Outlier kaya Malcolm Gladwell. Gaya banget. Udah deh ya, salahin aja yang menginspirasi gw =)

No comments: