Thursday, February 2, 2012

Ultimate lucky !!! Cerita regol

Cerita keberuntungan kali ini berhubungan dengan SIAK NG dan registrasi online, 2 hal yang merupakan bagian penting dari kehidupan akademis seluruh mahasiswa UI. Apa itu SIAK NG dan regol ? Simpelnya ya, regol itu proses kita nge-tag bangku di sebuah kelas untuk tiap mata kuliah yang kita ambil. SIAK NG sendiri adalah wadahnya, website untuk melakukan registrasi online ini.

Regol itu, dalam hal ini gw persempit kasus yaitu untuk anak FEUI, sangatlah krusial. Kenapa ? Kalau jaman dulu, regol itu heboh sekali rebut-rebutan kelasnya karena tiap mahasiswa ingin masuk ke kelas dosen yang recommended (enak ngajar, baik nilai, dsb) dan menghindari kelasnya dosen killer. Itu dulu, sekarang regol itu rebut-rebutan karena tiap mahasiswa takut ga kedapetan kelas. Kebijakannya sendiri udah berubah nih, pernah nama dosen tetap ada tapi kemudian dishuffle, sampe sekarang

kebijakannya nama dosen ga tertera pas regol jadi kita pure milih kode kelas.
Kebijakan milih kode kelas ini harusnya emang gak ada masalahnya ya, karena kita jadi gak rebutan milih dosen. Masalahnya sekarang adalah ku-o-ta. Entah kenapa biro pendidikan FEUI yang terhormat (gapapa deh pake yang terhormat, kesian di twitter dicerca mulu :p) selalu menyediakan kuota yang gak cukup untuk menampung peminat untuk hampir tiap mata kuliah, khususnya mata kuliah wajib ya. Nah terus apa yang terjadi ? pasti banyak waiting list di tiap mata kulaih. Walaupun memang sih pas akhir-akhir periode regol pasti kuota kelas ditambah untuk menampung para waiting-listers ini, tapi deg-degan waitinglistnya itu loh yang hmmmmpfh banget -_-

Terus kenapa gw kasih judul posting kali ini ada unsur "lucky" atau "keberuntungannya" ?
Soalnya ini adalah regol tersukses gw so far selama kuliah di FEUI. Kemaren-kemaren udah janjian sekelas bareng sama b
eberapa teman dan nentuin kodenya alhamdulillah dapet semua :D dan segeng-regol itu hampir semua sukses regolnya, paling satu dua mata kuliah yang waiting list atau beda kode kelas.

Selama ini regol gw selalu lumayan-merana-banget. Menit-menit sebelum regol pasti selain udah siap SIAKNG di satu tab, ditemani dengan timeline Twitter di tab-tab sebelahnya. Dan suka kaget super panik kalo ada yang ngetwit "alhamdulillah" "udah" atau "yes" disaat gw belom bisa apa-apa atau masih loading. Suka mupeng baca timeline anak-anak yang regolnya sukses berat, dapet kode sesuai keinginan, koneksi lancar. Dimana gw masih satu-dua kelas WL dan terpaksa ganti kode kelas ga bareng sama beberapa temen yang udah janjian. Huft.

Daaan hari ini cerita lumayan
berbeda. The plans I've set for today went smoothly, alhamdulillah Ya Allah :D siang dari jam 12 makan siang dan jalan sama Vetta ke Gancy, udah lama bangeet engga. Selagi makan seru di Eat and Eat pun kerjaannya bikin rencana dan estimasi waktu buat regol terus sama Vetta. Alhasil gw jam 3 awal udah cabs sama Vetta dari gancy. Agak deg-degan gara-gara ujan deress di Gandaria sekitarnya, nebengin Vetta ampe PIM dan alhamdulillahnya jam setengah 5 kurang dikit udah sampe rumah :D Terus gw siapin laptop, chargerin bb, sempetin ke kamar kecil, solat ashar, dll. 15 menit sebelum regol udah duduk cantik depan laptop, buka SIAK NG di Chrome dan Firefox, dan udah isi username dan password gw di tiap tabnya, sembari juga buka-buka chat di BB buat cocokin kode kelas sama temen-temen. And voila ! iseng-i
seng log in lewat firefox, isi irs, dan kemudian bisa ! seneng bangeeet karena itu masih jam 5 kurang beberapa 2-4 menit lagi perkiraan gw. Simpan IRS. Dan yak... sukses sodara sodaraaaa..... Kemudian lanjut ritual ngetwit deh, hahaha. Oiya, bahkan pas gw cek, di tiap kelas posisi gw cukup awal-awal banget, sekitar posisi 3-7an lah. Gilak so far jarang banget kaya gini. Same things happen buat anggota geng regol gw, hihihiii alhamdulillah 0;)

Lancar banget ya, wellplanned ini itu. Gatau aja cerita gw kemaren, heheheh. Yang bikin cerita regol kali ini lebih kenceng unsur keberuntungannya.
Jadi, sebenernya kemaren itu FEUI udah regol, bahkan fakultas lain sehari sebelumnya. Pokoknya H-1 regol si @birpendfeui ngetwit bahwa regol pada Rabu tanggal 1 februari 2012 jam 5 sore (tentatif). Yaudah kan, gw asumsi regol pasti jam 5 aja, ga ada antisipasi mental buat buka siak seharian. Padahal itu gw tumben-tumbennya bangun subuh, karena dibangunin nyokap sih. Dari subuh ampe pagi pun masih hepi-hepi browsing dan baca buku ampe ujung-ujungnya ketiduran sekitar jam 9 pagi. Ini nih kemudian ...
bangun jam 1 siang. I checked on my BB and weirdly there was no notification appears. Pas buka twitter ya, ada mention dari Nisa "teman-teman bagaimana regol kalian ?" ya gw kira itu perkembangan milih kode kelas dari geng regol kan. Terus baca twitter tere "BARU BANGUN, TELAT REGOL"
.
..
...
*palm face*

Usut punya usut, telusuri timeline anak-anak FEUI 2010, ternyata SIAKNG udah bisa isi IRS sejak jam 11 siang. Dan baca tweet-tweet segenap anak FEUI 2010 dengan segala cerita kepanikannya gara-gara informasi regol udah bisa ini. Yap, gw telat dan ada juga loh yang senasib :") Yaudah terus gw regol dan ga heran waiting list semua kecuali kelas Manajemen Operasi. ha. ha. ha. Terus muncul pengumuman dari twitternya @birpendfeui bahwa irs yang udah kesimpan bakal di reset karena besoknya (which means hari ini) bakal diadain regol ulang. Gw pribadi, seneng dan diuntungkan ya dengan hal ini. Beda banget sama temen-temen yang pada ngamuk sama birpend di timeline yang udah capek-capek regol duluan dan sukses, usahanya bakal sia-sia gitu aja. And now turns out many of them malah nasibnya kebalik sama kemaren :s Huhu, berdoa aja yuk semoga birpend nambah kuota dan nambah kelas kalo perlu.

So that's the story, beruntung bangeet kan alhamdulillah. Ketiduran-taunya bisa regol-telat regol-kelasnya waitinglist semua-regol direset-regol ulang-rencana regol sesuai rencana-regol sukses !!!!!! :") Mau sih nulis tips-tips regol dll *berasa jago regol lu nai hahaha* tapi mau nonton James Bond nih. G'luck everyone with these regol thingie !

No comments: