Thursday, July 5, 2012

AMI Awards, and It's good

Memang aneh sekali malam ini gw nulis tentang sesuatu yang berhubungan tentang musik. Pengetahuan tentang musik yaa gak banyak-banyak amat. Jazz suka banget, musik mainstream beberapa aja yang earcatchy, dan sebagainya. Dibilang addicted musik banget dengan pengetahuan luas tentang musik juga engga. Playlist di BB untuk menemani perjalanan naik kereta tipa harinya artisnya juga itu-itu saja :)

Cuma entah kenapa gw tergelitik sekali untuk merekam kesan gw atas AMI Awards yang barusaaan aja gw tonton. Gw nonton awalnya iseng, terus ketagihan kok seru yaa. Well, untuk acara awards sejenis ini, menurut gw yang juga baru sekalinya serius nonton, AMI Awards tahun ini berkualitas dan bagus.

AMI Awards itu adalah Anugerah Musik Indonesia. Jelas lah ya dari namanya, acara ini ditujukan untuk memberikan penghargaan-penghargaan bagi insan-insan musik di Indonesia, garis besarnya seperti itulah.

Waktu sebelumnya gw liat iklan acara ini, kok ya malah kurang tertarik yaa. Girlben boyben lagii, si ini lagii, si itu lagi. Kurang tertarik lah buat nonton. Dan kemudian gw gak sengaja nonton acara ini daaaaan    pendapat gw berubah 180 derajat.

Dari segi penampil, yaaa girlben boyben, segenap penyanyi yang notabene mainstream *apabila yang dimaksudkan mainstream adalah yang kurang "ngualitas, ah you'd better know what I mean aja dong :p* Yang sangat spesial adalah bagaimana penampil-penampil ini kasih penampilan terbaiknya. KEren-keren banget. Duet Vina Panduwinata sama Momo Geisha, penampilannya Peterpan tanpa Ariel yang memang tadi harus diakui keren banget, Changchuters feat. Julia Perez yang surprisingly such a simply genious and intertaining idea, Smash yang walaupun tadi ngga terlalu excellent dalam hal vokal tetapi tetep entertaining, trio KD-Raisa-Gisel yang asik, bahkan penyanyi keroncong muda duet sama trio macan dongg, dan masih banyak lagi. Pokoknya semua artis ini, even band-band seperti Ungu yang gw kurang suka pun, penampilannya spesial dan asik-asik. Oh yaa satu lagi, di agak ujung-ujung acara, tiba-tiba, surprisingnly muncul Once ! semacam hepii, gw yang udah mulai bosen pun langsung melototin tv lagii. Dia nyanyiin lagu baru ciptaannya sendiri, lagu bahasa Inggris yang malah musiknya mirip sama Black Dog yang beberapa minggu lalu dengan excellent dimainin sama TheLuckyLaki di Indo Idol. Seneeng banget gw sebagai old fans Dewa 19, semacam mengobati kekecewaan pas konser Mahakarya Ahmad Dhani yang dimana Once malah tampil sedikit.

Dari segi nominasi, jenis nominasinya spesifik dan beragam banget. Apalagi nominee dari tiap nominasi, lebih beragam lagi yang even banyak yang gw nggak tahu grupnya dan nggak pernah nonton video klipnya. Dari nominee-nominee ini, mata gw seperti terbuka bahwa di tengah industri musik yang yaa ngikutin selera pasar banget, ternyata musik Indonesia kita masih kaya sama musisi-musisi berkualitas. Raisa menang pun gw ikut senang, hihi. Ngga lupa bahwa genre yang dijadiin nominasi beragam banget. Pop iyalah, dangdut juga, sampe jazz pun, ska, dan keroncong.

Oiya, untuk Lifetime Achievement Award tahun ini oke banget. Biasanya kan di acara-acara kaya gini, penghargaan lifetime ini diberikan untuk tokoh-tokoh yang namanya akrab di telinga kita. Nah yang kali ini rada unik nih, diberikan untuk musisi dari jaman 70an yang mungkin namanya nggak terlalu akrab di telinga kita yaitu kepada musisi Yocki Suryoprayogo. Taunya, beliau adalah pengarang lagu 'Juwita' dan kalo ngga salah jadi arrangernya lagu Badai Pasti Berlalu. Salut sih sama panitia AMI ini, memberi penghargaan gak cuma untuk musisi-musisi yang akrab di telinga kita dan biasanya frontman-frontman gitu. Coba ga ada penghargaan ini, mungkin kita pun nggak tahu sama musisi legendaris ini kan :) Nah, habis dikasih piala, om Yocki ini terus mengiringi duet Angel-Afgan nyanyiin 'Juwita' yang kereeen banget dan Berlian Hutahuruk yang nyanyiin Badai Pasti berlalu.

Intinya, Lengkap deh acaranya. Penyanyi lawas ada, jaman sekarang ada, segala genre ada, penyanyi segala imej ada, segala segmentasi ada.

Acara sendiri berjalan hmm agak ngebosenin sih. Penampilan artis-artis emang oke banget. Kalo menurut gw di durasinya yang cukup panjang. Terus trio MC Raffi Ahmad-Gisel-Ayu Dewi yang gw pas awal gw kira akan mendominasi acara dengan segala banyolan *ala Panasonic Award* taunya enggak terlalu. Bagus sih, cuma memang acaranya jadi agak monoton dikit yaa.

Dan satu lagi yang gw tangkap dari acara ini. AMI Awards tidak sombong :) dibalik semua nominee dan penampil-penampil dari insan musik yang boleh dikatakan memang pemusik berkualitas, acara ini masih memasukkan unsur musi-musik mainstream yang memang sedang jadi selera pasar :) Tidak hanya menampilkan, tetapi juga mengolaborasikan. SO, angkat topi, salut, tepuk tangan untuk AMI Awards dan komite, Tantowi Yahya dkk yang tidak hanya sudah memberikan apresiasi tertinggi untuk insan musik Indonesia, tetapi juga memberi ilmu pengetahuan dan optimisme terhadap musik Indonesia lah bagi orang-orang awam seperti gw ini, hehe. SUKSES TERUS !!! :)



*p.s : one thing menggelitik dari acara ini, gw notice bangett penyebutan kata "nominator" yang biasanya suka bandel masih dipake di acara award sejenis, nyaris nggak ada. Udah pada insaf pake bahasa yang benar yaitu "nominee" kalo engga pada aman nyebutnya "nominasi-nya adalah.." Hihihi mungkin karena diwanti-wanti grammarnya sama Tantowi Yahya yang ketua PPIA (Persatuan Perhimpunan Indonesia Amerika) kali yaa, mungkin, hehehe, #grammarpolicelikemymomma

No comments: