Tuesday, July 24, 2012

FACE


ALOHAA ! sebelum mulai bahas tentang make up wajah, mau curhat dikit. Hari ini puasa ramadhan hari ke 4 tapi mulai berasa agak berat. Ngantuk, lemes. Kebetulan tadi juga abis ke kampus untuk ngambil transkrip nilai. Dan di kampus, tiba-tiba aja juga dimintain ajarin make up sama Diar salah satu anak gw di Hublu. Yaudahdeh, gw ajarin dia make up mata khususnya. Dari pake maskara, teknik2 eyeshadow, sampe eyeliner. Kocak deh, anaknya baru banget belajar make up karena disuru sohib-sohibnya. Dan barusan gak tanggung-tanggung, latihannya di depan kantor jadi rada beberapa kali diliatin orang-orang, hihiihi. Balik lagi, ini baru beberapa menit sampe rumah pun masih lemees. Niat mau nonton 30rock season 5 dvd eh kok berasa mata pun gakuat yaa. Tidur juga engga. Alhasil yaa sekarang ngeblog lah saya, hoho. Oiya kan udah beberapa hari lupa ngucapin, berhubung alhamdulillah sekarang udah masuk di bulan Ramadhan,  Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan semuanyaa ! Semoga kita dapet keberkahan bahkan hidayah yaa di bulan ini dari Allah SWT. Aamiin. :)

Marii dimulai.
make up FACE yang dimaksud disini itu adalah make up dasar untuk keseluruhan wajah. Ada apa aja anggotanya ?
1. PRIMER
2. FOUNDATION
3. POWDER

Yuk bahas satu persatu
1.PRIMER
mungkin ada yang bingung primer itu apa. Gw juga dulu taunya make up muka itu ya foundation sama bedak aja. Setelah sering berguru otodidak sama Fashionesedaily dan Youtube, baru gw tau bahwa primer itu berfungsi sebagai dasar dari seluruh make up kita. Primer ini bisa buat muka kita seperti "kanvas" licim yang ready untuk "dilukis" oleh foundation, bedak, dsb. Jadi pori-pori, komedo dll bisa agak tersamarkan atau bahkan nggak terlihat ketika kita udah apply foundation :D Selain itu, primer ini bisa ngebuat dandanan lebih tahan lama.
Proudly speaking, I'm one who had already proven that :D waktu nikahan sepupu gw kemaren di Purwokerto gw perdana pake primer karena acara nikahan juga tergolong butuh make up berat yaa. Terbukti ! pas make foundation kok jadi lebih gampang, rata, dan smooth hasilnya. Terbukti ! dandanan juga jadi lebih awet, 6 jam lebih ada kali. Udah gw pake acara tidur siang segala, bangun lagi walopun muka agak oily tapi dandanan overall masih bagus. Beneran bikin hati senang :)))
Pokoknya saran pertama #mekap101 bagian wajah "invest on good primer is a must"
Primer gw sendiri mereknya "NYX". Merek ini tuh semacam dupe (tiruan yang harganya lebih ekonomis) dari Make Up Forever, bisa diacari di Centro, Sogo, mulai masuk Metro, dan tentunya di online shopping terkemuka.Selain NYX, banyak juga kok brand-brand familiar yang udah keluarin primer seperti loreal, revlon, dll.Si NYX ini sendiri gw beli di salah satu online shop make up yang paling memuaskan www.chic-princessa.com, dapet rekomendasi dari baca-baca forum di FD. Sempet maju mundur dulu sebelom beli, duh beli gak ya beli gak ya. Akhirnya H-3 kita javatrip gw beli deh walopun semacam taruhan duit jajan gue kedepannya gimanaa, hehehe. Tapi dengan hasil yang gw jelasin di atas, asli ga nyesel ! Oiya, primer ini ga harus untuk full make up kok. Selain NYX, banyak juga kok brand-brand familiar yang udah keluarin primer seperti loreal, revlon, dll. Gw pernah baca kalo ga salah, pake primer sebelum pake compact powder untuk sehari-hari juga oke kok :)


2. FOUNDATION
Foundation yaa sepertinya seluruh dunia cewe sudah tau yah :') alas bedak, singkatnya. Mungkin gw nggak jelasin panjang-panjang tentang foundation ini. Pertama-tama, try to call it as "foundie" biar terdengar lebih fancy, azeek. Kedua hmm apa ya, ini mungkin umum sering dibahas, tapi bener kalo pake foundie itu harus samaa banget sama warna kulit. Makin natural makin cantik, prinsipnya :) Actually, bisa aja milih fondie yang tingkat warnanya lebih cerah dari kulit kalo mau maksain terlihat lebih "putih". Tapi kalo difoto hasilnya jadi kaya topeng gitu, keputihan ._. So, that's why sebaiknya pilih yang tone-nya sama kaya kulit aja :)
Foundation gw NYX juga, beli di Chic juga, warnanya yang no 4. Serinya itu yang HD Studio Photogenic Primer. Semacam dupe-nya Make Up Forever juga. Oiya sekalian nambahin juga, kalo review tentang foundation, biasanya ada glossary yang sering ditemukan antara lain
"coverage" : artinya foundation ini jatohnya di kulit sheer-sheer ngga cover semua wajah gitu atau tebel ampe bisa nutupin noda-noda di wajah. Nah si NYX ini coverage-nya lumayan laah. Dipake sehari-hari biar muka tetep terlihat kece juga jatohnya bisa ga menor-menor amat, dipake untuk make up full yang serius buat acara-acara juga cocok :)

3. POWDER
Powder alias bedak itu bisa dibilang make up wajah paling populer dan familiar dipake hampir oleh seluruh cewe, yang tomboy sekalipun, hehe. Bedak ini jenisnya ada 2, compact sama tabur. Kalo gw rangkum dari semua literatur yang pernah gw baca (azeeek), urutan aslinya setelah foundation itu pake bedak tabur dulu setelah itu baru pake compact. Compact ini ditujukan untuk menyempurnakan ataupun kalo sudha dirasa cukup pake tabur, untuk touch up aja. Pengalaman pribadi, tante gw dan dokter kulit kasih saran untuk pake tabur aja karena compact cenderung menutupi pori-pori kulit dan bikin jerawatan. Tapi demi alasan kepraktisan mahasiswa, gw lebih sering pake compact powder, hoho. Di gambar di atas kebetulan gw lupa masukin bedak -_- gw sekarang baru mulai lagi pake tabur Venus, dari setahun lalu pake tabur dari dokter kulit, dulunya lagi pake bedak Maybelline/Venus compact, dan juga Maybelline yang mineral. Why Venus ? bukan promosi ya eike, tapi emang merek "kakak"nya Marcks ini bagus untuk sehari-hari, bersahabat banget harganya, dan juga insyaAllah efeknya kecil untuk kulit (kakaknya Marcks sih, hoho).

So, begitulah sedikit cerita tentang make up dasar wajah. Untuk merek-merek favorit, tips ini itu, dan lain-lain di mari tunggu di post-post berikutnya :D Doakan penulisnya mengumpulkan semangat dan tenaga juga, hoho. Sebagai rangkuman :
1. Invest in good primer is a must, ga sia-sia
2. Pilih foundation sesuai warna kulit
3. Bedak tabur semacam lebih baik
4. Marcks dan Venus merek yang aman untuk kulit (bukan promosii)
5. Selama masih mahasiswa, belajar maupun pake make up nggak harus yang mahal-mahal :D Buktinya bedak Venus itu range harganya antara 20-40rb aja kok.

1 comment:

Anonymous said...

setuju tuh untuk bedak Venus.. gw pake juga tuh bedak tapi klo buat pergi ke kantor gw pake Venus Two Way Cake yang emmilki beberapa keunggulan seperti...(bukan promosi share ajah)
1. Memiliki SPF 18 (Anti UV A dan UV B)
2. mengandung Vitamin E (anti penuaan dini dan anti oksiadan)
3. Mengadung Anti iritasi dan foundastion yang ringan.
semoga membantu... oia seatu gw Venus Compact juga memliki SPF 12 juga sih..