Monday, July 16, 2012

Young Game Changer Indonesia

I started everything about this back in May, ada presentasi tentang kompetisi Skills for Employability Challenge-Young Game Changer Indonesia ini di kampus. Then I thought, this would be such a great starting point for me. Seiring waktu berjalan, motivasi gw ikut challenge ini pun akhirnya hanya untuk memenuhi prinsip "At least you've tried, Nai" dikarenakan kondisi diri di liburan ini yang betul betul need a little break, I used to thought I wouldn't be able for this.

Until last friday, ketika gw sedang di bintaro plaza, papa nelfon bilang kalo orang British Council telfon. Yep, I called them back. I was selected to this challenge, untuk menggantikan peserta yang mengundurkan diri. Awalnya gw mungkin belum terpilih. Tapi tetep aja, seneng banget dapat kesempatan ini. Dan langsung dikasih tau kalo besok harinya harus ikutan coaching di hotel Mandarin Oriental.

Then the great stories begin...
Sabtu itu, I stepped my first step in that hotel lobby dengan penuh ketidak percayaan diri, ketakutan nggak bisa perform, rasa minder ketemu dengan 39 orang hebat lainnya. Begitu pula dengan sesi-sesi awal coaching. Tegang banget. Dan kemudian presentasi dari Coach Rene Suhardono yang mengubah paradigma gw tentang tujuan, karir, motivasi, dan lain halnya, pelan-pelan membantu mengendurkan ketegangan diri gw ini. And then I started to enjoy this coaching, every session :D sesi awal dari coach Rene, grooming session dari The Body Shop Indonesia, sesi favorit gw yang mind-and-eye-opening banget yaitu tentang Innovative thinking, sampe sesi deg-degan ketemu calon patrons (mentor) kita dan juga sesi pembagian kelompok.

Sekarang masuk ke assignment dan pembagian kelompok. What we are actually going to do ? Jadi 40 orang ini dibagi ke dalam 8 kelompok yang berisikan 5 orang. Every 2 groups will be assigned to do a 6-week-long project in these companies : The Body Shop, Microsoft, Bank Danamon, and Nestle. Awesomeness isn't it. And as all of the participants are considered great youths that must be very busy, we are gonna be equipped with the Microsoft Office 365. Sebuah produk teranyar dari Microsoft which allows the user to held a meeting, have a video call, and edit documents together at the same time. So, no need to ketemu tatap muka or even attach files via email yang cukup merepotkan itu. Cool, isn't it ? :D

Well, that saturday was very memorable for me personally. Haven't I mention about the place when we were hosted ? Esquire room hotel Mandarin yang keren banget dengan segala lunch dan tea break yang wow sekalii. Untuk gw yang sentimental, pastinya pengalaman itu se berkesan itu "wow, gw sedang memulai semuanya. This is my key. Gue di Sudirman loh. I have to remember today. Sudirman, 14 Juli 2012, hotel Mandarin Oriental" and so on. Hihi segitunya ya :p Dan juga yagn paling penting dari pengalaman ini adalah that I found my old me again. I felt reborn. Disuntik motivasinya. Ketemu rang-orang hebat. Diubah mindsetnya yang memang gw butuhkan sekali.
And since that day... I have transformed to be a more full-spirited 20 year old girl, doakan terus agar lebih optimis, pokoknya berbeda dengan gw satu bulan atau bahkan setengah tahun yang lalu ini :)






Well, little story to end this day journey
Dalam perjalanan pulang menuju halte busway dan stasiun Sudirman dari Hotel Mandarin, dengan pemandangan Jalan Sudirman jantung kota Jakarta, dengan lampu malam yang semarak sekali sinarnya, tiba-tiba gw sama Ester heboh
"Oh my God gw punya kesempatan ke Inggris, ster !!!" kata gw dengan heboh (walaupun belom tentu).
"Oh my God gw bakal kerja di Microsoft, gw waktu kecil pernah mimpi kerja di Microsoft!!!" kata Ester.
"Oh my God gw ikut acara British Council, dari kecil gw suka banget hal-hal berbau Inggris!" kata gw.
"Oh my God kita bakal kerja steer !" kata gw. Ya, di liburan kali ini yang gw kira akan stagnan aja, tiba-tiba tanpa rencana apa-apa gw dapat kesempatan untuk kerja.
.
..
...
Di saat beberapa malam sebelumnya, you all have to know, my heart whispered this and I wrote it on twitter

"and I simply envy kalian-kalian yang sedang magang. Nuffsaid and g'nite :)"




Wow. Miracle does exist ya, friend. Alhamdulillah Ya Allah. Hal ini mirip dengan ceritanya mas Donny dari Impact Factory yang juga ngisi sesi di Coaching ini. Dia bermimpi pingin ke Amerika. Gatau caranya Gimana. Tapi dia yakin aja gitu, foto-foto negara ini pun ditempel di dinding sama Mas Donny ini. Tak dinyana, 5 bulan kemudian tiba-tiba dia dan istrinya dapet kesempatan ke Amerika gratis dan dibayarin untuk mengikuti sebuah conference. Wow ya :)


Mungkin moral of the story nya ini kali ya, say it out loud fellas : "BELIEVE I CAN :)" beautiful !

No comments: