Thursday, August 30, 2012

Fa idzaa Faraghta Fanshob

Yep, it's already DONE :) presentasi dari tim The Body Shop B ini. Leganya, alhamdulillah. The presentasi went good, tapi memang setelahnya kami mendapat insight-insight yang sedikitnya menggambarkan tentang project management di dunia nyata.

Sekarang, satu jam lebih setelah presentasi ini selesai. Setelah proyek luar yang saya ambil untuk mendapat value ini selesai (masih bisa berlanjut apabila tim saya menang), Saya langsung berpikir untuk segera mengerjakan Budgeting acara organisasi di bawah Biro Saya di BEM, BEM Gathering. Organisasi tempat dimana saya bernanung, dan ladang saya untuk memberi. Let's call it Yin and Yang :)

Kemudian saya terpikirkan sebuah arti dari potongan ayat di sebuah surat, kalau tidak salah surat Al Insyirah. Arti ini menggambarkan hal yang saya ceritakan di paragraf sebelum ini. Ayat yang artinya kurang lebih seperti ini "Apabila kamu telah menyelesaikan suatu urusan, selesaikanlah urusan yang lain"
Ayat ini terngiang-ngiang sekali sore ini, menjadi tema untuk sore ini. Karena penasaran, mulailah saya browsing.

Kemudian saya masuk ke dalam beberapa website yang berisi surat al insyirah beserta terjemahannya, one of those was in english. Betapa *apa yaa, senang ? tergugah ?*nya saya menyadari bahwa tafsir Qur-an itu begitu indah. Ya, indah sekali saya raasakan, puitis. Teringat jaman-jaman sekolah dulu, ada guru yang pernah bilang kalau al Guran itu bahasanya indah sekali. Dan sekarang saya merasakannya sendiri, asli, indah sekali. I am Wow-ed :))

Setelah beberapa kali mencari, ternyata potongan ayat yang berarti demikian adalah ayat ke 7 dari surat al Insyirah, yang berbunyi : Faidzaa Faraghta Fanshob. Yang terjemahannya adalah :

94:7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,

sumber  : http://artiquran.wordpress.com/2011/02/26/surat-al-insyirah/

Mungkin saya copy saja ya potongan surat itu disini, semoga ada manfaat yang bisa dipetik juga :)

[94:1] In the name of Allah, the Gracious, the Merciful.
[94:1] اللہ کے نام کے ساتھ جو بے انتہا رحم کرنے والا، بِن مانگے دینے والا (اور) بار بار رحم کرنے والا ہے۔

[94:2] Have We not opened for thee thy bosom,
[94:2] کیا ہم نے تیری خاطر تیرا سینہ کھول نہیں دیا؟

[94:3] And removed from thee thy burden
[94:3] اور تجھ سے ہم نے تیرا بوجھ اتار نہیں دیا؟

[94:4] Which had well nigh broken thy back,
[94:4] جس نے تیری کمر توڑ رکھی تھی-

[94:5] And We exalted thy name?
[94:5] اور ہم نے تیرے لئے تیرا ذکر بلند کردیا-

[94:6] Surely there is ease after hardship.
[94:6] پس یقیناً تنگی کے ساتھ آسائش ہے-

[94:7] Aye, surely there is ease after hardship.
[94:7] یقیناً تنگی کے ساتھ آسائش ہے-

[94:8] So when thou art free, strive hard,
[94:8] پس جب تُو فارغ ہو جائے تو کمر ہمت کَس لے-

[94:9] And to thy Lord do thou attend whole-heartedly.
[94:9] اور اپنے ربّ ہی کی طرف رغبت کر-

diambil dari : http://www.alislam.org/quran/search2/showChapter.php?ch=94

Indah ya :') ternyata hal-hal simpel seperti ini cukup menggugah dan membangkitkan secercah kebahagiaan ya. Urgensi di suatu sore untuk mengerjakan pekerjaan berujung kepada sedikit/secuil menemukan bahwa isi Al Quran itu indaaah sekali. I feel blessed, thank You Allah, Alhamdulillahirobbilaalamiin.


Oh ya, sudah berkali-kali ingat dan berkali-kali lupa
Mumpung masih bulan Syawal, Dengan ini saya mau mengucapkan Selamat Idul Fitri 1433 Hijriah yaa untuk semuanya, my friends, those of you who happens to bump into this blog. Maafkan apabila banyak kata, maksud yang kurang berkenan yaa. Minal Aidin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin Yaa Semuanya :)

So, Have a nice day everyone !

No comments: