Tuesday, August 21, 2012

There... I cooked it

See... like what I've said before "wanita dan memasak itu naluriah." Gw adalah orang yang sangat meyakini hal tersebut, bahwa yang namanya cewe, setidakminat apapun gw kita terhadap dunia masak-memasak, pasti ketika kita dihadapkan dalam suatu kondisi bahwa kita harus masak, kita bisa :)

Gw baru aja membuktikan hal ini, barusan banget.
Berawal dari kondisi rumah sehabis ditinggal lebaran dimana nggak ada makanan, si Bibik belom balik dari kampung dan mama lebih sibuk bebersih dan rapih. Laper, ya menurut nganaaa masa eikeh nyomot kue lebaran teruss. Dan asli itu gue ngidam banget-bangetan makan balado-baladoan. Berbekal ilmu dikit dikasitau mama cara dan ingredients ngulek balado, there... I made it

So, this is my first attempt masak telor balado :






Prosesnya gimana ?
Ngulek-ngulek untuk newbie seperti gw ini asli susyee dan lama. Bingung kok ya cabenya ga alus-alus dimana bawangnya udah mulai alus. Speaking about bawang, walaupun setahun sekali di momen gada Mbak ini gw rutin ngupas/ngiris bawang, mata tetep ya perih. So percaya atau enggak, tadi pas ngulek gw pake sunnies aja loh B) Untuk masalah tumis-tumisnya agak kaget sih, masukin hasil ulekan pas minyak lagi panas banget, alhasil agak layu deh. Pas masukin telornya juga aman terkendali, cuma emang harusnya si telor ini digoreng ampe kuning dikit baru deh cabe-cabenya ikutan ditumis. Untuk gw yang jarang masak, So far so good lah, terkendali. Dapur juga rapih habis itu :D

Ingredientsnya apa aja ?
Cabe segenggam, bawang beberapa siung, garem. Itu ajaran nyokap. Luckily, untuk hal masak-permasakan ini gw masih belom dicekoki pakem-pakem tertentu soal bumbu, takaran, dan sebagainya. Masih kreatif. Kalo teorinya coach @ReneCC yang sedikit banyak berbunyi seperti ini "anak-anak itu aslinya kreatif, kemudian sistem pendidikan ini yang mengikis kreativitas perlahan-lahan" Nah gw masih dalam fase anak-anak, dimana kreativitas masih sangat tinggi. Pas ngulek, itu gw tabur-taburin aja segala garem, gula. Iseng-iseng tambahin terasi, tomat juga. Bawang pun yang menurut nyokap gw cukup 3 biji aja, gw pake 5 biji. HA !

Tampilannya gimana ?
Emmm kurang cantik :)) karena itu tadi, kecepetan dimasukkin ke minyak panas.

Rasanya gimana ? 
YES, personally proudly speaking, ENAK BANGET :'D bokap gw sampe nambah 2x, nyokap ambil-ambil terus baladonya. Kayanya karena gw masih "anak-anak" banget deh masaknya, masih sesukanya seboros-borosnya masukkin bumbu, belom ngikut segala macam pakem memasak itu.






Well, hopefully it's quite a start for me yang-belum berminat-dunia-permasakan-ini-tapi-harus-karena-memasak-adalah-kodrat-wanita. Oiya dan tak lupa mengucapkan bahwa mulai terbuka matanya dan hatinya (tjieh) untuk memulai coba masak-masak salah satunya adalah karena blogger favorit mbak Wortje di http://thepradonos.com tentang ceritanya menaklukkan dunia permasakan karena dituntut oleh sikon. Pretty Inspiring it is :')

So, selamat masak cewe-cewe ! :')



No comments: