Sunday, January 20, 2013

#mekap101 Errrr.... Where to Start ?

Holla ! It's been a long long time since my last #mekap101 post, kalo nggak salah yaitu pas liburan semester lalu bahkan. Pardon me -_- Sebetulnya lumayan banyak #mekap101 stuffs yang pingin saya bahas. Mulai dari review dari bebelian produk, sampai beberapa rule of thumb yang baru saya temuin.

To start #mekap101 again, kali ini saya kepingin bahas tentang "Putting Make Ups for Beginner". Yang saya maksud disini itu lebih ke pembiasaan pemakaian make up sehari-hari yaa, khususnya untuk teman-teman yang jarang atau belum pernah putting these stuffs on face at all. Kalau pemakaian make up sekali jadi, seperti buat pesta kawinan gitu, wah lain sendiri ceritanya and it actually requires some skills juga. Nah skill itu sendiri pastinya didapat dari kebiasaan sehari-hari dan latihan-latihan kita dalam menggunakan those stuffs. Maka dari itu, mari kita mulai penggunaan make up untuk sehari-hari :)

Oiya sebelumnya, Langkah-langkah ini bisa aja berbeda sama langkah kalau kita pake make up full beneran (yang biasanya mulai dari foundation, shading, bedak, make up mata, make up pipi, baru yang terakhir bibir). Terus langkah-langkah ini bisa meminimalisir efek "OMG muka gue kaya badut !" reaksi kebanyakan cewek yang sama sekali belum pernah dandan ketika didandanin.
So, inilah langkah-langkahnya kalau kita mau mulai membiasakan diri :


1. Mulailah dari pemakaian bedak. Bedak ini sih kayanya kita udah akrab yaa bahkan sejak sekolah menengah dulu. Kalau mau sekolah okelah nggak pake, tapi kalau mau pergi kemana-mana, baiknya pake bedak biar muka kita nggak kusam dan berminyak, huehehehee... Bedak itu ada yang sifatnya tabur ada yang compact. Sebenarnya, bedak tabur itu lebih bagus karena nggak terlalu menyumbat pori-pori wajah seperti bedak compact. Namun, demi alasan kepraktisan dibawa kemana-mana, compact powder juga nggak apa-apa kok :) Dalam pemilihan warna bedak itu, rule of thumb yang saya temui hampir di semua majalah dan website-website adalah : pilih yang sesuai warna kulit kita yaa. Bukan berati penggunaan bedak yang warnanya beberapa tingkat diatas warna kulit akan bikin wajah kita lebih cerah, malah kebalikannya. Wajah kita jadinya kusam bahkan terlihat seperti... topeng :')



2. Kalau udah terbiasa pake bedak, langkah kedua itu kita bisa mulai apply maskara. Maskara itu gunanya  untuk bikin bulu mata kita makin lentik. Memang kedengarannya sepele dan nggak terlalu kelihatan ya efeknya seperti pake eyeshadow ataupun blush on. Tapi pake maskara itu langkah yang baik untuk bikin muka kita terlihat segar dan 'beda' :D




3. Setelah muka kita fresh karena pake bedak dan maskara, langkah selanjutnya itu kita bisa mulai belajar pakai eyeliner. From my observation, most of my girl friends prefer to use eyeliner to give some effect to their faces. Kalau boleh dibilang malah alat dandan yang paling beken diantara teman-teman seumuran kita itu ya eyeliner :D Eyeliner itu yaa sudah jelas yaa dari terjemahannya, gunanya itu untuk memberi garis bingkai pada mata kita. Penggunaan eyeliner itu boleh saya bilang sebagai langkah yang mulai kasih efek yang cukup signifikan, kelihatan deh dandannya. Nah dari ketiga step ini, pemakaian eyeliner lah yang mulai butuh latihan ekstra. Lumayan susah soalnya buat yang nggak biasa. Kalau udah jago, boleh tuh mulai improvisasi bikin efek-efek cat eyes seperti artis-artis korea. Oiya, eyeliner sendiri jenisnya ada berbagai macam, mulai dari pencil liner, otomatis (lupa nama aslinya, teksturnya masih seperti pencil), liquid liner (agak susah pemakaiannya), spidol liner (teksturnya liquid, pemakaian gampang), sampai gel eyeliner (applynya pakai kuas khusus).



4. Nah kalau udah akrab dengan kondisi muka kita yang 'beda' karena pemakaian bedak-maskara-eyeliner, it's time to put some blush on our cheeks. Pemakaian blush on ini udah harus mulai agak hati-hati. Hati-hati disini maksudnya lebih ke pemilihan warna, karena kalau kita salah pilih warna bisa aja efek "OMG muka gue kaya badut !" itu muncul lagi, hehehe. Mulai dari blush on yang warnanya soft aja, jangan lupa disesuaikan sama warna kulit kita. Ada warna kulit yang lebih cocok dengan blush on yang nuansa oranye, ada juga yang lebih cocok pake yang nuansa pinkish gitu. Buat nemu shade yang cocok, kita bisa minta tolong sama beauty advisor di counter makeup kok ;) Cara pemakaian blush on sendiri juga butuh sedikit latihan. Pastinya pake kuas lah yaa. Gerakan tangan kita dalam mengulas blush  on dengan kuas ini juga menentukan hasilnya. Hasil pemakaian blush yang bagus untuk sehari-hari itu yang nge-blend, beda sama make up kondangan ataupun penari yang lebih nge-block. Get it kan ? :D Kalau udah sering latihan, pasti hasil pemakaian blush on kita itu bakal nge-blend bagus.




5. Now let's give it a try on lip make up. Lip make up yang saya maksud disini lebih ke lipstick yaah, pokoknya make up bibir yang ngasih warna. Silahkan memulai mengulas bibir dengan lipstick setelah kita terbiasa dengan step-step di atas. Believe me, this part is soooo fun. Kita bisa mulai dari lipstick berwarna nude (netral, mirip warna bibir) sampai lipstick gonjreng seperti the famous red or fuschia color. Lipstick ini sendiri. teksturnya bermacam-macam, ada yang matte (nggak glossy), shiny (berkilau, biasanya ada glitter-glitternya), sheer (lebih lembab karena banyak moisturizernya, tapi warnanya kurang keluar).
Lah terus lip balm lip gloss kapan ? Mungkin nggak saya masukin di langkah-langkah di atas yaa. Karena basically, lip balm ataupun lipgloss itu bisa mulai dipake kapan aja. Nggak usah nunggu mahir pake maskara atau eyeliner dulu baru boleh pake lipbalm. But remember, pake lipglossnya tipis-tipis aja dulu. Jomplang kan jadinya kalau lipglossnya ketebelan sementara dandanan keseluruhan masih plain, kaya habis makan gorengan deh :p hehehe.



6. After all those steps I mentioned above, baru lah kita mulai ke step yang hmmm paling tricky, lumayan signifikan, dan paling bikin efek " OMG gw kok kaya badut !" kalau salah makenya. Eyeshadow ! Pake eyeshadow itu boleh saya bilang merupakan step yang paliiiiiiiiing FUN sekaligus paliiiiiiiiiiiing SUSAH. Coba aja mulai browsing-browsing eye make up tutorial di youtube. Duh macem-macem deh bikin keponya. Mulai dari look yang paling simple dan wearable sehari-hari, sampai ke look yang lumayan heboh buat event-event khusus, tricky dan butuh skill yang lumayan. Kadang saya sampai gemes, kok bisa gradasinya bagus, kok bisa efek cat eyes gitu, macam-macam lah.
Untuk mulai pake eyeshadow, mungkin baiknya kita milih warna-warna earth-tone netral gitu seperti warna-warna coklat. Terus, yang penting untuk diketahui itu, teknik pemakaian eyeshadow itu beda-beda untuk tiap bentuk mata. Bukan berarti teknik yang biasanya dipake orang bule cocok dipake kita untuk kita mata orang Asia. Bukan berarti teknik eyeshadow si A yang matanya kecil, cocok untuk si B yang matanya belo. Selain itu, Pemakaian eyeshadow itu berdasarkan pengalaman saya, akan maksimal kalau kita pake kuas ketimbang jari. Kuas eyeshadow itu ada berbagai macam jenisnya dan berbagai macam pula efeknya, tapi untuk pemula ya nggak perlu sampe semua kuas itu kita punya, cukup yang basic-basic aja seperti kuas yang ini...


7. Nah, kalau kita sudah terbiasa dengan step-step di atas, itu tandanya we're ready for a full make up ;) Disini kita bisa coba pake foundation. Jangan lupa shadenya sebaiknya sama dengan warna kulit kita ya.
Lalu dilanjutkan dengan pemulasan alat-alat lainnya. Kalau udah sampai di level full make up ini *cie level*, baru deh kita ikutin langkah-langkah yang benar, mulai dari pake foundie-bedak-make up mata (eyeshadow, liner, maskara)-blush on-make up bibir(lipbalm, lip liner kalo perlu, lipstick, lipgloss). Rule of thumb yang perlu kita perhatikan dalam step ini adalah : kalau make up mata udah heboh, makeup bibir netral aja. Dan sebaliknya, kalau make up bibir udah ngejreng, make up mata ya yang standar netral aja. Biar jatuhnya nggak menor :) Nah dengan step-step ini, semoga udah gak ada lagi tuh reaksi "OMG kok gw kaya badut ?!?" habis kita dandan hehehe...














So, begitulah langkah-langkahnya. Langkah-langkah ini nggak baku kok dan bukan berarti yang paling bener, berdasarkan pengalaman pribadi saya aja. Hope it helps :D

Oiya, 3 Foto dibawah ini itu contoh dari wajah yang full make up. Kebukti kan, pemilihan warna dan teknik pemakaian bisa bikin berbagai efek pada wajah kita. Bisa natural seperti gambar pertama, manglingi dan cenderung medok seperti gambar kedua, ataupun flawless pucat-pucat gitu seperti gambar ketiga.


*pics are from :
keepcalm-o-matic.co.uk
chanel.com
shutterstock.com
becomegorgeous.com
hudabeauty.com
makeup.uk.com
fallingformakeup.blogspot.com
glamnepal.blogspot.com

No comments: