Monday, February 11, 2013

Kiasu Vacay : Kuala Lumpur

Finally, long awaited trip ini datang juga. Seperti yang udah saya ceritakan di postingan sebelumnya, saya nyiapin trip ke KL ini kiasu banget. Browsing-browsing cerita liburan KL di blog orang2, pantengin forum KL di female daily forum, sampe bikin itinerary yang super detail kiasu yang alhamdulillah tereksekusi dengan baik :) Belum afdol rasanya kalo belom 'laporan' mengenai kiasu holiday ini di blog ini, juga sebagai semacam 'balas budi' diluar sana sama blogger2 yang udah ceritain perjalannya dan jadi sumber2 info saya, heuheu... Trip ini berlangsung selama 4 hari 3 malam (yang efektifnya cuma 2 hari) dari hari Minggu 3 Februari - Rabu 6 Februari kemarin. Dalam trip ini saya pergi sama mama aja, judulnya travelling duo gitu :)

Day 1
Kita naik pesawat Air Asia AK 1381 take off jam 8.30 dan nyampe di bandara LCCT KL jam 11.30. Lancar di imigrasi, beli simcard, beli tiket klia transit. Naik shuttle bus KLIA Transit ke stesen Salak Tinggi, karena kereta KLIA Transit ini ngga ada yang langsung sampe LCCT. Stesennya sepi dan ungu2 kece, begitupula kereta apinya yang emang kece, aku suka <3 nbsp="" p="">
Sampe di KL Sentral jam 13.30 waktu sana, karena kecapekan kita mutusin untuk langsung ke rumah Tante Sri (sepupu) di daerah Wangsa Maju. Dari KL Sentral kita naik LRT Laluan Kelana Jaya turun di stesen Sri Rampai. Dijemput tante Sri di stasiun, makan siang bentar di rumahnya yang jadi tempat kita nginep untuk 3 hari ini, rapih2 bentar, dan off we go to KLCC bareng mama, tante Sri, dan Ashraff anaknya tante Sri.

Waktu menginjakkan kaki di KLCC, huft saya masih ngerasa belom nginjek KL, masih mall gitu kan seperti di jakarta. Kita pertama ke Uniqlo, I found nothing interesting here, tapi langsung aja loh mama nemu oleh2 untuk papa dan adek2 cowo at a very great price, alhamdu. Karena bosen di Uniqlo, saya minta ijin mama dan tante Sri untuk misah duluan ke toko di seberang uniqlo yaituu....... SEPHORA ! My first encounter with this heaven on earth *lebay* *terharu*. I tried some products but ended up just buying a nice sephora fuschia lippen (belom aja besok). Terus kita makan2 di foodcourt, cuci mata, dan balik deh ke rumah. Sayangnya sore itu KL hujan gerimis gitu jadi kita ngga foto-foto malem di KLCC park huhuhu.

Day 2
Berdasarkan itinerary, jadwal hari ini yaitu pagi2 foto cantik di KLCC Park, lanjut menuju Bukit Bintang melalui walkway semacam jembatan gitu antara KLCC yang Convention Center ya bukan mall Suria KLCC, naik free shuttle bus dari hotel Royale Bintang ke IKEa, ngeIKEA, sore balik lagi ke Bukit  Bintang, naik HOHO bus. Hampir aja itin berubah atas beberapa suggest dan rencana mama, ehtapi akhirnya tetep sesuai rencana setelah saya bilang ke mama that I've planned A-Z dan waktu liburan Jogja kan saya yg ngikut2 aja, hueheheheee. Terus eksekusinya gimana cyin ? 90% sama kaya itin, cuma pas sore kita jadinya mall hopping di BB aja, naik HOHO bus jadinya besok aja, maklum kan cewe-cewe gabisa kena vincci sungei wang dkk dikit heuheu.

kira2 nyampe di KLCC park jam 9 pagi diantar tante Sri. Foto-foto lah kita. Pokoknya happy aja pagi itu, mulai dari liat2 pemandangan dari mobil udah berasa di KL. Apalagi pas nyampe KLCC park ini, makin berasa napak di KL.

ini di dalam KL Convention Center, kalo dari Suria mau ke walkway, lewatin ini dulu.

masuk ke walkway

Walkway ini bagus banget, dilengkapi dengan AC, petunjuknya juga jelas, terus banyak security juga disana. Walking distance 20 menit antara KLCC Bukit Bintang jadi ngga kerasa. Walkway ini ujungnya itu di samping mall Pavillion Bukit Bintang, seperti di foto di atas

Sampe Bukit Bintang, ah makin hepi karena keluar2 dari samping pavillion kita disambut sama gedung Sephora Starhill yang ikonik itu. Makin berasa nginjek KLnya ini. Kita pun langsung menuju hotel Royale Bintang untuk naik shuttle bus ke mall The Curve, Damansara (seberangnya IKEA) yang dateng pukul 10.45. Bis ini bagus tapi penumpangnya cuma 6 orang saja loh. Sampe di IKEA jam 11.30an kita langsung makan dulu di foodcourt IKEA yang makanannya dan sistemnya lumayan unik. We tried beberapa makanan, the famous Swedish Meatballs, Brokoli kukus, Spaghetti bolognaise, Almond Dark Chocolate cake and it all cost RM 25 saja. Habis itu kita muter2 IKEA, seru sih tapi saya kurang tertarik aja karena ngebayangin ribet bawanya. Belanja di IKEA ini bakal lebih seru kalo kita punya lagi ngedekor rumah/kamar kos di KL kali ya. Habis gempor muterin 2 lantai IKEA, mama pun ketemuan sama tante Nurl, sohibnya, di foodcourt IKEA ini. Ngobrol bentar, waktu udah menunjukkan pukul 14.30an. Kita pun buru-buru cabut duluan ke The Curve untuk ngejar shuttle bus yang sama yang dijadwalkan berangkat jam 3. Mama pun sampe gak jadi beli beberapa kitchen utensils di IKEA karena liat antrian panjang takut gak keburu.

Kita balik ke BB naik shuttle bus yang sama, dan orang2 yang sama, dan sampe di BB sekitar jam 4 sore. Terus kita lanjut mall hopping karena pun saya mikir kalo naik Hop on Hop Off bus enakan full day besokannya dan karena kita belom mall hopping samsek dan saya baru belanja lipstik doang. Jadilah kemudian saya dan mama kalap di Vincci Sungei Wang :p entah kenapa kalo ke KL walopun banyak mall baru rasanya harus aja gitu ke Sungei Wang. Habis dari Sungei WAng kita cuci mata bentar lagi2 di Vincci mall Fahrenheit. Sore itu kita janjian untuk dijemput tante Sri lagi di KLCC jam 6 sore, sebelumnya saya lagi dan lagi sempetin masuk ke Sephora Starhill gallery. Lumayan kalap kalo sekarang, sempet maju mundur mau beli produk Benefit yang mana, ends up mama tanpa disangka-sangka malah ngijinin saya beli Bella Bamba blush. Selain blush on ini saya juga beli beberapa makeup lainnya heuheu. Jam setengah 6 sore dengan kaki yang udah pegal-pegal dan gempor, kita mulai lagi perjalanan kaki menuju KLCC lewat walkway. Asli itu sesampainya kita di KLCC udah capek banget. Ehtapi perjalanan masih berlanjut, setelah dijemput tante Sri kita menuju ke Sogo di daerah Tuanku  Abdul Rahman karena mama mau cari tas. Di sini itu Sogonya beda sama di Indonesia, beda kelas dan entah mengapa untuk saya pribadi suasananya cukup friendly. Daerah Tuanku Abdul Rahman sendiri juga termasuk kawasan perbelanjaan, tapi lebih lokal dan agak tua daripada bukit Bintang yang lebih modern. Habis dari Sogo kita makan malam di kedai Mamak di daerah WangsaMaju sebelum balik ke rumah.

Day 3
Hari ketiga ini technically merupakan hari efektif sebelum kita balik ke Jakarta. Emang niat harus di pol-in seharian. Itinerarynya pokoknya kita naik HoHo bus, foto-foto di landmarks, ke Central Market beli oleh2, dan yang paling penting adalah menikmati perjalanan naik bus Hoho itu sendiri :) oh iya, Hop On Hop Off sendiri merupakan bis double decker yang mengelilingi spot-spot touristy di suatu kota, emang diperuntukkan untuk turis sekali.

Kita sampe di Malaysia Tourism Center jam 9 pagi, beli tiket HoHo bus (RM 38 buat mama, RM 17 buat saya pake student price). Gak lama kemudian bisnya dateng. Here comes the experience. Turns out, naik HoHo bus ini jadi one of the highlights of the trip. We got to see another view of KL selain KLCC dan Bukit Bintang, sesuai dengan tujuan liburan saya kali ini :) mama aja seneng banget naik bis ini walaupun tadinya sempet ogah karena tiketnya emang relatif mahal.

sceneries from the bus

Kemudian sekitar jam 11 kurang, kita turun di bus stop no 6, Central Market. Disini kita beli oleh-oleh suvenir. Harganya terbilang cukup murah. Pasarnya sendiri surprisingly nyaman banget, full AC, bersih pula, koridor-koridornya pun hampir menyerupai mall.

Kasturi Walk, berada di samping kanannya Central Market

Habis belanja di Central Market, kita lanjut perjalanan naik HoHo bus. Nunggunya lumayan lama sih, petugasnya bilang bis dateng tiap 30-45 menit, kenyataannya bis baru dateng jam 12 pas. Depends on traffic sepertinya. Dalam perjalanan ini kita menuju tempat-tempat lainnya, seperti KL Heritage Park, Istana Negara, Mesjid Jamek, Dataran Merdeka dll. Di Istana Negara kita dikasi kesempatan turun 5 menit untuk foto-foto, tapi pas di Dataran Merdeka yang emang saya pingin banget foto disitu, bisnya malah lanjut jalan aja :( Kita kemudian turun di bus stop no 20 di stesen Titiwangsa. Jam udah menunjukkan pukul setengah 2 siang dan kita kelaperan banget, jadi kita mutusin turun di Titiwangsa ini kemudian naik monorail ke Bukit Bintang untuk makan siang.

Kita makan di restoran Nasi Ayam Hainan Chee Meng yang terkenal itu, yang saya udah ngidam dari jakarta dan emang udah dijadwalin untuk makan disini.

Habis makan, kita lanjut puas-puasin di Bukit Bintang. Asli saya kalap banget lah, di cotton on dan brands outlet yang baru dan ngehip itu. Gak lupa kita foto-foto di spot-spot cantik juga dong :) Lucunya mama tetep ngajak foto-foto walaupun di saat yang sama juga bilang supaya kita bergegas ke balik ke KLCC lagi. Seru sekali foto2 di Bukit Bintang ini lah.

Jam 6 kita udah di KLCC park, mama mau ketemuan lagi sama tante Nurul. Suasana  KLCC park sore-sore seperti ini seru banget, ada orang berbagai macam etnis pada pulang kerja, ada abg2 nongkrong, dsb. Saya sempetin lagi dan lagi ke Sephora sekitar 15 menit untuk beli powder foundie kalo engga bisa kepikiran sampe jakarta. Kita kemudian minum2 es di foodcourt bareng tante Nurul dan anaknya. Kemudian sekitar jam 7 kurang dijemput tante Sri balik ke Wangsamaju. Kita gak langsung pulang, kali ini sempetin ke Carrefour untuk beli koper dan oleh-oleh cemilan. Di Carrefour ini koper murah2 sekali., kita beli koper ukuran  medium-large gitu seharga RM 80 saja (240rb rupiah) yang dimana kalo di Indo udah 600-700rb rupiah sendiri harganya. The rest of the night kita habiskan buat packing.

Day 4
This is our last day dalam trip kali ini. Dari pagi kita udah siap-siap karena disini bandaranya jauh dan flight jam setengah 2 siang. Lumayan mulai galau post holiday syndrome juga dari pagi, entah karena berasa 4 hari kurang pol, entah karena letih banget, belum lagi karena pagi itu kita semacam belum sarapan yang benar. Dari WangsaMaju berangkat jam 9 pagi dianter sama tante Sri ke KL Sentral dan sampe jam 10 pagi. Kita turun di area yang lumayan jauh dari area basement tempat Skybus parkir. Kali ini kita menuju bandara naik Skybus, shuttle bus milik AirAsia, karena kalo naik KLIA Transit sepertinya repot lagi pindah-pindah kereta dan bis trus mesti geret-geret koper. Lanjut, kita naik Skybus yang berangkat sekitar jam 10.15. Kita tidur aja di bus karena asli tepar banget. Sesampainya di LCCT pun eh kaget kok crowded dan clueless. Emang buat trip ini I've prepared ini itu, cuma untuk kondisi di bandara buat flight pulang ini was out of my concern. Jadilah kita clueless, harus perhatiin sign-sign disana, belum lagi itu dengan kondisi belum sarapan dan barang bawaan yang beranak sampe 18 kiloan. Pas antri check ini saya rasanya udah dalam kondisi capek berat dan lumayan bad mood, walaupun udah diganjel beli pizza seloyang yang kita berdua habisin selama ngantri itu. Belum lagi ada sedikit kesimpangsiuran info di bandara ini. Eh pas di titik capek ini, pas kita sampe di counter check in, petugas air asianya yang fisiknya Chinese2 mirip penyiar metro tv gitu malah ngajak becanda :') Eh... stress saya lepas dong jadi senyum mengembang gitu bukannya malah ngamuk, begitupula mama yang juga ketawa2 aja. Mr. Kakak Airasia, you saved my day deh Sir ! keinget2 bok sampe sini (oiya pas flight berangkat juga pramugaranya mirip Christian Bautista charming2 gitu heuheu).
Check in kelar, kita lanjut makan fastfood dulu di Marrybrown, isi perut karena di flight nanti gak dapet makan. Lanjut kita ke boaridng room, naik pesawat jam 1an, dan take off jam setengah 2. Oiya pesawat AK 1384 yang kita naikin ini sepertinya pesawat AirAsia untuk timnas sepakbolanya Malaysia untuk AFF cup Desember kemarin nih.

Then we arrived at Terminal 3 Soetta at 14.30 something. So this was how our long awaited holiday went. It was a really nice trip, Mama and me enjoyed it so much, pol banget rasanya. Pas sampe Jkt, baru berasa liburannya kurang lama, kurang puas. Semoga bisa jadi cambuk deh biar kita bisa kerja dan belajar makin giat biar kita bisa ke KL lagi, full team sama papa dan adek-adek juga, aamin.

Beberapa notes dari trip kali ini :
- orang bilang bahwa melancong itu bisa bikin tambah ilmu dan memperluas perspektif, true that ! Apalagi disini kita banyak ngobrol sama tante Sri yang warga Malaysia langsung. Saya dan mama jadi tahu mengenai kehidupan lower-income class citizen yang dimanja sama pemerintah dan malah middle-income class yang lumayan berat tanggungan2nya, bagaimana Malaysia mau menghadapi pemilihan umum, bagaimana sistem pendidikan disana, dll. Dan autonatically pasti kita langsung compare sama pemerintahan Indonesia ya...
- tiap naik walkway yang memang nyaman yang keren itu, sebagai turis pasti saya dan mama gak henti-henti bandingin negara ini dengan negara kita tercinta "coba ya kak di jakarta dibikin kaya gini..." dsb conversation like that lah.
- Naik Hop On Hop Off bus is a must. It's a great way to explore the city. Bisnya pun dilengkapi audio guide
- Di KL cowo2nya ramah genit, apalagi yang Pakistan2 India gitu, lumayan serem yaaaa. Sama aja kaya mas2 Indo hmmmp. Kalo pegawai2 AirAsia sih gak serem2 yaa, Chinese2 Pinoy Jason Godfrey bersih tinggi gitu rata2.
- Kalo mau naik Skybus, make sure kita bawa travel itinerary dari website AirAsianya biar dapet harga RM 9 (normal RM 10). Waktu itu saya ngasih ke petugasnya itu hasil print web check in bukannya travel itinerarynya. Karena gak bawa travel itin ini jadilah kemarin saya harus bayar RM 10/each.
- I enjoy every bits and pieces of this trip, bener2 refreshing. Mulai dari turun dari pesawat dan jalan jauh ke gedung LCCTnya, naik KLIA Transit, menginjakkan kaki di stasiun-stasiun yang bersih-bersih, pemandangan multietnis tiap kita menyambangi mall2, obrolan2 bareng tante Sri dan orang2 rumah, duduk-duduk di KLCC park, liat pemandangan luar dari jendela mobil maupun bis HoHo, naik LRT dan monorail, dan sebagainya. Alhamdulillah Ya Allah atas rezeki dan kesempatan ini. Dan emang hal-hal kaya gini yang saya cari di liburan kali ini, ambience a.k.a suasananya :)
- Travelling with Mama is the best. Mama is my best travel mate so far. Pokoknya, titik :)
- Meskipun begitu, pasti ada hal-hal yang belum kesampaian di trip kali ini. Bagusnya, hal ini bisa jadi penyemangat kita untuk targetin liburan kesini lagi :) hal-hal tersebut antara lain :
   - tripnya kurang lama, heuheu
   - menikmati suasana KL di waktu malam, khususnya foto2 di KLCC park depan Petronas dan juga
      bangunan Sephora Starhill dengan lighting yang keren banget pastinya
   - ke pasar Chowkit (ini mama kepingin kesini, bolehlah dicoba), ke daerah Sunway
   - nginep di Bukit Bintang at least semalam.
   - makan di nando's, nasi kandar pelita, dan madame kwann
   - ke sirkuit F1 di Sepang
   - pulang pergi melalui airport KLIA bukan yg LCCT. Sebenernya udah pernah ke KLIA sekitar 10
     tahun yang lalu, tapi kepingin lagi aja suasananya.
   - lebih lama muter-muter Bukit Bintang
   - lebih sering cobain sistem transportasi umumnya, berbagai macam line keretanya dan juga cobain
     bus Go KL.
   - liburan dengan style kombinasi. Ada hari-hari yang itinnya padat dan detail seperti trip ini tapi ada
     hari-hari yang lebih laid-back gitu :) *finally even a planner said this*

Again, Alhamdulillah for this enjoyable and superb long awaited trip 0:) Kalo ditanya saya dan mama udah bisa move on belom dari holidaynya ? belom hahaha. Ini aja masih suka cek-cek website airlines, agoda, dan ngubek2 blog orang. So, Looking forward to our next trip, kali ini dengan papa dan adek2 cowo juga tentunya. Aamin Ya Rabb 0:)