Monday, March 25, 2013

In search of NUDE LIPSTICK

Prolog : sengaja nih yaaaa saya sempet-sempetin posting #mekap101. Sebenernya kuliah dan tugas lagi banyak-banyaknya, penuh aja pikiran dan fisik selama 24 jam sehari 7 hari seminggu. Tapi begitu-gitu pun saya yang gampang bosenan ini juga sering cek-cek beauty thingies. Kali ini lagi rajin browsing tentang... NUDE lips. Yup, disaat-saat saat ini orang kebanyakan lagi cari shade red lipstik yang pas, saya malah mundur ke tren nude lips ini. Terus berasa jomplang ga seeeeeh kalo udah nyerap info banyak, cuma enggak dibagi-bagi lagi 0:) Lumayaan buat jadi pengingat buat nabung juga hehehe.

Jadi saya lagi dalam pencarian nude lips yang bener-bener nude gitu, yang cocok buat dipadupadankan sama riasan mata smokey yang berat. Selama ini kalo beli lipstik saya emang cenderung warna netral yang mendekati warna bibir, cuma belom se-nude itu. Besides, I'm naturally a neutral-lip color-kind of girl. Nah setelah browsing-browsing di female daily forum, browsing di google, browsing blog mekap ternama, wishlist saya jatuh kepada produk-produk berikut :

MAC Freckletone
what MAC website said about this shade : neutral peach
Masih menempati pilihan utama :D belum di swipe di bibir aja warnanya udah terlihat se'segar' ini. Dan katanya sih warna ini cocok untuk golden/tan skintone seperti saya. Hasil swatch di orang-orang silahkan liat disini.



MAC Cherish 
what MAC website said about this shade : soft muted peachy beige. Swatch di bibir orang pun cantik-cantik bangeet hasilnya, seperti yang saya pingin, bisa dilihat disini.
  *I feel kinda awkward to put picture of ppl's lip here*


 MAC Shy Girl


what MAC website said about this shade : creamy neutral coral beige.
Nggak se-nude itu, cuma cantik banget warnanya. Kalo saya lihat swatchnya, kayanya si Shy Girl ini lebih ngepink ya. Walaupun begitu, jatuhnya pun bagus di kulit gelap dengan undertone kuning *kalo gak salah*
Ini dia hasil swatchnya.

MAC Half n Half

what MAC website said about this shade : creamy pink.
Di website emang terlihat setua itu, kalo di swatch di bibir langsung bisa lihat disini.
Lumayan agak tua juga ya, not my first pick kata postingan blog nude lips 101 ini, warna ini cocok untuk tan/golden skin hmmm.

MAC Fresh Brew

what MAC website said about this shade : creamed coffee
Jatuhnya agak coklat gitu yaa, swatch bisa lihat disini.

MAC Creme d' Nude


what MAC website said about this shade : pale muted peach beige
Well, dari hasil browsing yang cukuppp ekstensif sist, bisa saya bilang shade ini adalah salah satu shade yang paling populer. Sayangnya oh sayangnya, sepertinya shade ini hanya cocok untuk orang dengan fair skintone aja, yang berkulit putih macam Nicole Kidman. Ini hasil swatchnya.



Nah, sebetulnya ada shade-shade lainnya juga seperti MAC Velvet Teddy, dll cuma 6 shade ini yang masih ada di urutan teratas yang-perlu-dibahas-banget dan beberapa diantaranya itu top wishlist saya

Choosing a nude lipstick oh it's not an easy job menurut saya, bahkan lebih susah daripada milih shade red lipstick. Banyak banget hal yang harus diperhatikan, seperti :
- Skintone dan undertone kulit kita, dimana sampai sekarang saya pun masih meraba-raba deh, saya itu skintonenya apa. Fair dan dark jelas engga, jadi antara medium, olive, golden, ataupun tan. Karena penggunaan abbrevation ini sendiri juga kadang-kadang berbarengan. Kalo undertone cukup bisa ditebak dan dikenali, saya itu warm undertone.
- Hati-hati bangeeet pilih shade. Biasanya, masalah klasik dari shade nude lipstick yang terlalu muda dan gak cocok sama skintone kita bakal bikin wajah terlihat pucat kaya orang sakit.

Dalam proses browsing tentang nude lipcolor ini, saya nemu saya blog post juara banget, bener-bener nude lips 101 banget, udah saya cantumin di atas-atas juga kok. Postingan dari fashionbombdaily *namanya mirip sama fashionesedaily ye* ini ngerinciin jelas banget tipe-tipe skintone (fair, medium, olive, dark, dll), selebriti dengan skintone tersebut sebagai panduan buat kita bayanginnya (mis : nicole kidman itu fair skin, Beyonce itu golden skin, etc), sampai panduan shade lipstik dari brand-brand tertentu untuk tiap skintone ini. Lengkap banget kan. So, go check this link.

Terus, why MAC banget ? kenapa gak Nyx dkk ? well actually yes NYX is way much affordable and it has wide range of color also. Saya juga selama masih jadi mahasiswa irit ini masih jadi pengguna setia NYX. Makin kesini lagi makin pingin coba MAC products aja, and I think trying on their lip products would be a nice start :) selain itu, harganya yang *ehm* itu lumayan jadi cambuk buat nabuuung dan usaha lebih keras juga, nabung hasil jerih usaha bulan pertama maksudnya. heheheu. So, wish me luck in finding the right shade yaa !




PICTURES ARE FROM
http://www.makeupandbeautyblog.com/wp-content/uploads/2013/02/MAC-Freckle-Tone-Year-of-the-Snake.jpg
http://www.maccosmetics.com/images/products/swatches/168x168/M3EW08.jpg
http://www.maccosmetics.com/images/products/swatches/168x168/M3LN14.jpg
http://www.maccosmetics.com/images/products/swatches/168x168/M31A09.jpg
etc

No comments: